Kalender kegiatan di akhir tahun akan digelar di sejumlah titik seperti Situs Meghalit Gunung Padang, dan pusat keramaian di kota Cianjur dan wilayah utara tepatnya di kawasan Puncak-Cipanas, dimana akan digelar kegiatan rutin seni budaya khas Cianju
Cianjur (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendukung berbagai kegiatan yang dilakukan tempat wisata, hotel dan restoran dalam meningkatkan angka kunjungan saat libur panjang Natal dan Tahun Baru dengan memperhatikan berbagai aturan.

Kepala Disbudpar Cianjur, Ahmad Danial di Cianjur Rabu, mengatakan tidak hanya bagi pelaku wisata, pihaknya juga akan menggelar sejumlah kegiatan seni dan budaya di akhir tahun sebagai upaya meningkatkan angka kunjungan ke berbagai obyek wisata di Cianjur.

"Kalender kegiatan di akhir tahun akan digelar di sejumlah titik seperti Situs Meghalit Gunung Padang, dan pusat keramaian di kota Cianjur dan wilayah utara tepatnya di kawasan Puncak-Cipanas, dimana akan digelar kegiatan rutin seni budaya khas Cianjur," katanya.

Sedangkan terkait aturan, kata dia, pihaknya meminta pelaku pariwisata khususnya hotel dan restoran untuk memperhatikan kantong parkir seiring meningkatnya angka kunjungan saat libur panjang Natal dan Tahun Baru tidak sampai mengganggu arus lalulintas lainnya.

Serta memberikan imbauan bagi wisatawan untuk tetap waspada seiring cuaca ekstrem yang melanda Cianjur sejak beberapa pelan terakhir karena informasi BMKG cuaca ekstrem akan melanda sebagian besar wilayah Cianjur hingga April 2024.

"Kami sudah memberikan surat imbauan sejak jauh hari agar diperhatikan pelaku pariwisata, sehingga saat tamu membludak tidak menjadikan pinggir jalan sebagai area parkir karena akan menyebabkan antrean kendaraan," katanya.

Sementara sepanjang 2023, pihaknya mencatat angka kunjungan wisatawan ke Cianjur, melebihi target 2,2 juta wisatawan dari dalam dan luar negeri, sehingga pada 2024 angka kunjungan ke Cianjur ditargetkan mencapai 2,4 juta atau lebih tinggi dengan menggelar berbagai kegiatan besar.

Pameran berskala nasional dan internasional akan disuguhkan setiap bulan guna mengundang wisatawan dari dalam dan luar negeri mulai dari pameran bunga, pameran busana berskala internasional hingga kegiatan tahunan seperti Hari Jadi Cianjur yang akan menampilkan berbagai program.

"Setiap bulan di 2024, akan digelar berbagai kegiatan seperti pameran dan basar UMKM di setiap kecamatan dan obyek wisata, pameran dan lomba ayam pelung berskala nasional serta kegiatan seni dan budaya di obyek wisata alam dan bahari di selatan Cianjur," katanya.

Kegiatan tersebut tambah Danial, bekerja sama dengan dinas dan instansi terkait di Pemkab Cianjur dan pelaku pariwisata di Cianjur, sehingga target 2,4 juta wisatawan dapat terlampaui di akhir 2024.

Baca juga: Disbudpar Cianjur gelar berbagai festival tingkatkan angka kunjungan

Baca juga: Disbudpar Cianjur : Angka kunjungan wisatawan asing mulai meningkat

Baca juga: Objek wisata pantai selatan Cianjur dipadati ribuan pengunjung

 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023