Jakarta (ANTARA) -
Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN) mengeklaim mendapatkan dukungan dari para alumni yang berasal dari organisasi mahasiswa yang tergabung dalam Cipayung Plus.

Asisten Pelatih Timnas AMIN, Tamsil Linrung, mengatakan, para alumni dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), dan lainnya sudah banyak yang mendeklarasikan diri untuk mendukung paslon nomor urut satu.

Baca juga: NasDem: JK tambah kekuatan dukung Anies-Muhaimin

"Jadi mereka menyatakan dukungan dan berjuang untuk memenangkan AMIN hingga ke lapisan terbawah di masyarakat," kata dia, setelah menghadiri deklarasi dukungan alumni HMI yang tergabung dalam Pergerakan Insan Cita For AMIN di Jakarta, Rabu.

Ia menjelaskan, yang terbaru adalah deklarasi hari ini dan dukungan dari politisi Golkar yang juga alumni HMI serta pernah menjadi wakil presiden ke-10 dan ke-12 Republik Indonesia, yaitu Jusuf Kalla pada beberapa hari lalu.

Baca juga: JK nyatakan dukungan ke Anies-Muhaimin

Menurut dia, fakta itu membuktikan bahwa AMIN dicintai oleh tokoh-tokoh intelektual untuk mengerjakan gagasan perubahan dalam mewujudkan Indonesia yang adil dan makmur ke depan. Deklarasi dukungan dari alumni-alumni yang pernah tergabung di Cipayung Plus juga akan dilakukan dalam waktu dekat, yaitu di Jawa Barat, Jawa Timur, dan Makassar, tutur dia.

Ia menambahkan, selain dari alumni, dukungan bahkan datang mahasiswa aktif di organisasi-organisasi itu. Namun, dia tetap mengingatkan agar mahasiswa tetap bersikap netral dan tidak terjun ke dunia politik, karena memang belum waktunya untuk berpolitik praktis serta terhalang aturan organisasi yang harus independen.

Baca juga: Majelis Nasional Pergerakan Insan Cita For AMIN deklarasi dukung AMIN

"Mahasiswa tidak harus terang-terangan menyatakan dukungan kepada paslon manapun, tetapi sebagai intelektual muda, kritis, dan objektif untuk mengawasi proses pemilu yang jujur dan adil," kata dia yang menerangkan peran aktif yang bisa dilakukan oleh mahasiswa. 

Cipayung Plus adalah gabungan tujuh organisasi kemahasiswaan di Indonesia , yaitu Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI), dan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI).

Baca juga: Jaringan sukarelawan AMIN sebut milenial butuh lapangan kerja
 

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023