Di sinilah kesetaraan dari peluang, kesetaraan dari kewenangan dan jabatan ini bisa kita wujudkan. Lebih dari 50 persen dari para pejabat lingkungan Kemenparekraf mulai dari eselon I ke bawah di unit kerja adalah mewakili perempuan
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan, lebih dari 50 persen pejabat di lingkup Kemenparekraf adalah perempuan, yang menggambarkan inklusivitas perempuan serta kesetaraan gender di kementerian ini.

“Di sinilah kesetaraan dari peluang, kesetaraan dari kewenangan dan jabatan ini bisa kita wujudkan. Lebih dari 50 persen dari para pejabat lingkungan Kemenparekraf mulai dari eselon I ke bawah di unit kerja adalah mewakili perempuan,” ujar Sandiaga dalam perayaan Hari Ibu yang digelar di gedung sapta pesona di Jakarta, Rabu.
 
Ia menyadari bahwa industri pariwisata dan ekraf perlu peran perempuan lebih besar, sehingga melalui penerapan kesetaraan peluang terhadap perempuan mampu mengambil ruang dan peluang dalam sektor parekraf.
 
Dengan penerapan inklusivitas peran perempuan di lingkup Kemenparekraf, Sandiaga menambahkan bahwa perlindungan kepada perempuan atas harkat dan martabat menjadi komitmen Kemenparekraf.
 
Kemenparekraf, lanjut dia, tidak ada toleransi untuk aspek-aspek perbuatan yang melanggar komitmen tersebut terutama menyangkut harkat dan martabat perempuan.
 
Sandiaga juga mengatakan, sebanyak 30 persen subsektor dalam parekraf terdiri dari perempuan, bahkan perempuan telah menjadi tulang punggung dalam sektor itu terutama pada masa pandemi COVID-19.
 
Sementara itu, Penasihat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenparekraf Nur Asia Uno berpesan kepada seluruh perempuan termasuk ibu di Indonesia untuk tetap semangat menjalankan aktivitas keseharian serta sabar dan tegar menghadapi persoalan dan tantangan yang ada.
 
“(Perempuan Indonesia) Harus lebih bersyukur dan terus semangat untuk menghadapi masa depan, insya Allah ibu-ibu Indonesia akan lebih kuat menghadapi semua dan selalu berusaha untuk sabar dan tegar," kata Nur Asia.

Baca juga: Kasus COVID meningkat, Menparekraf: Berwisata di dalam negeri saja

Baca juga: Menparekraf: Bebas visa kunjungan guna ciptakan pariwisata berkualitas

Baca juga: Menparekraf dorong generasi muda manfaatkan potensi ekonomi digital

 

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023