Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan transportasi publik ramah lingkungan di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Kamis, melalui investasi perusahaan transportasi Indonesia PT Blue Bird Group Tbk.

"Peluncuran transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara," kata Presiden Jokowi saat peluncuran Transportasi Ramah Lingkungan di IKN, diikuti dalam jaringan (daring) di Jakarta.

Presiden mengatakan Blue Bird menginvestasikan total senilai Rp250 miliar untuk merealisasikan konsep transportasi publik yang ramah lingkungan di IKN.

Investasi itu diserap untuk pengadaan bus rapid transit bertenaga listrik untuk mendukung layanan perkotaan, taksi bertenaga listrik, mobil rental bertenaga listrik, serta bus umum yang menghubungkan trayek Balikpapan-IKN.

Blue Bird Group juga akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi dengan menggunakan teknologi pintar seperti penyediaan halte, park and ride, transfer point, hingga depo.

"Memang konsepnya sejak awal Ibu Kota Nusantara adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasinya hijau, listriknya hijau, energi hijau semuanya, harus hijau," katanya.

Jokowi mengapresiasi komitmen Blue Bird Group untuk mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN dalam rangka menciptakan masa depan mobilisasi masyarakat yang berkelanjutan dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

"Saya senang dan saya menyambut gembira peluncuran transportasi ramah lingkungan di IKN oleh Blue Bird," katanya.

Agenda peluncuran transportasi ramah lingkungan di Kabupaten Penajam Paser Utara itu turut dihadiri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Baca juga: Blue Bird siapkan Rp2 triliun untuk restorasi dan armada baru di 2023
Baca juga: Selama 2023, investasi IKN capai Rp41,4 triliun

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023