Air berwarna hitam pekat dan berbau alkohol. Penyebabnya sama
Solo (ANTARA) - PDAM Toya Wening Solo, Jawa Tengah, menghentikan operasi instalasi pengolahan air karena limbah mencemari air Sungai Bengawan Solo sehingga tidak memungkinkan diolah menjadi air baku

"Instalasi Semanggi, Jurug dan Jebres sekarang tidak beroperasi. Instalasi Semanggi mulai tadi Subuh," kata Pejabat Pemberi Informasi PDAM Toya Wening Solo, Bayu Tunggul di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Sedangkan Instalasi Jurug dan Jebres mulai berhenti beroperasi sejak pukul 11.00 WIB. Ia mengatakan penyebab berhentinya operasional tersebut sama dengan beberapa waktu sebelumnya, yakni karena kualitas air baku sangat tidak memungkinkan untuk diolah.

"Air berwarna hitam pekat dan berbau alkohol. Penyebabnya sama," katanya.

Mengenai kapasitas produksi, dikatakannya, untuk Instalasi Semanggi sebesar 80 liter/detik, Instalasi Jurug sebesar 100 liter/detik dan Instalasi Jebres sebesar 50 liter/detik.

Baca juga: Akibat limbah di Bengawan Solo, PDAM hentikan pengolahan air

Baca juga: Mastel bangun ekosistem digital di Kota Solo


Akibat hal itu, dikatakannya, PDAM Toya Wening tidak dapat mendistribusikan kebutuhan air bersih kepada pelanggan. Bahkan sudah ada daerah yakni Kelurahan Mojo yang minta didrop air bersih.

"Tapi kami belum layani, kami masih menunggu agar bisa segera mengolah lagi. Mudah-mudahan sore atau malam hari bisa mengalir ke pelanggan," katanya.

Ia mengatakan sesuai dengan standard operasional prosedur (SOP) maka droping air ke pelanggan baru dapat dilakukan setelah 1x24 jam terhitung sejak berhentinya distribusi yakni Kamis pagi.

Sementara itu, dengan penghentian operasional tiga instalasi tersebut, sekitar 18.000 pelanggan air di Kota Solo terdampak kesulitan air bersih. Ia tidak bisa memastikan sampai kapan kondisi tersebut bakal berlangsung dan Instalasi dapat kembali dioperasikan.

Baca juga: Pengelola Tol Semarang-Solo pastikan kesiapan hadapi libur akhir tahun

Baca juga: Jasamarga Solo Ngawi lakukan persiapan hadapi Natal-tahun baru

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023