Cianjur (ANTARA) - Kepolisian Resor Cianjur, Jawa Barat, menutup jalur menuju Puncak mulai dari Tugu Lampu Gentur, By Pass Cianjur, saat malam pergantian tahun mulai pukul 18.00 sampai 06.00 WIB dan arus kendaraan akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cianjur Ajun Komisaris Polisi Adhi Prasidya di Cianjur, Kamis, mengatakan pengalihan arus lalu lintas juga dilakukan di Jalan Raya Ciloto Puncak yang akan ditutup pada pukul 18.00 sampai 06.00 WIB sehingga tidak ada kendaraan yang melintas di kawasan Puncak Pass.

"Penutupan dilakukan tanggal 31 Desember 2023 sampai dengan tanggal 1 Januari 2024. Kendaraan yang dapat melintas dari Cianjur hanya warga lokal tujuan Cugenang, Cipanas, Pacet dan Sukaresmi dengan menunjukkan KTP," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur lakukan satu arah menuju Bogor dari Puncak Pass

Selama penutupan berlangsung, jelas Adhi, kendaraan dengan tujuan Bogor, Jakarta dan seterusnya akan dialihkan ke jalur alternatif Jonggol dan Sukabumi, sebagai upaya mencegah terjadinya macet total saat malam pergantian tahun.

Penutupan dilakukan sebagai upaya menunjang penerapan malam bebas kendaraan yang diterapkan Polres Bogor saat malam pergantian tahun agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan dengan laju terhenti total hingga berjam-jam.

"Rekayasa arus diberlakukan menjelang penutupan jalur menuju kawasan Puncak dari Cianjur, termasuk rekayasa di sepanjang jalur protokol Cianjur agar tidak terjadi macet total pada malam pergantian tahun," katanya.

Baca juga: Polres Cianjur terapkan sistem ganjil genap dan satu arah di Puncak

Bagi masyarakat yang hendak merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak, tetap dapat melintas sebelum pukul 18.00 WIB.

"Silakan yang ingin merayakan malam pergantian tahun di kawasan Puncak-Cipanas berangkat lebih awal sebelum diberlakukan penutupan," katanya.

Is mengimbau pengendara yang hendak melintas di jalur utama Cianjur saat malam pergantian tahun tetap berhati-hati dan waspada serta mematuhi aturan berlalu lintas termasuk mendengarkan anjuran dari petugas agar tidak terjebak macet hingga berjam-jam.

Baca juga: Volume kendaraan di Jalur Puncak Bogor meningkat selama libur sekolah
Baca juga: Volume kendaraan di jalur Puncak mengalami antrean panjang

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023