Jakarta (ANTARA) -
Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka melakukan persiapan debat dengan membahas materi yang telah disusun tim khusus di Solo dan Tim Kampanye Nasional (TKN).
 
"Beliau itu di Solo, ada tim teman-teman dari Solo yang menyampaikan kepada beliau, kami, dan dewan pakar, sudah menyusun dan mengirim hasil-hasil rapat kami," kata Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko, dalam keterangan pers yang diterima ANTARA, Kamis.
 
Budiman mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan rapat yang menghasilkan materi debat untuk dipelajari Gibran.
 
Materi rapat tersebut akan disampaikan secara langsung oleh TKN ketika Gibran sudah berada di Jakarta.
 
Materi debat tersebut, lanjut Budiman, berkaitan dengan ekonomi digital, pembangunan infrastruktur, hingga perkotaan yang memang menjadi tema debat pada tanggal 22 Desember 2023.
 
Menurut Budiman, pihak TKN merasa yakin Gibran akan menguasai materi debat lantaran Wali Kota Surakarta itu telah memiliki pengalaman di bidang perkotaan dan perekonomian.
 
Budiman menambah bahwa latar belakang Gibran sebagai pengusaha juga akan mempermudah dalam menguasai materi ekonomi digital.
 
"Perpajakan, keuangan, ekonomi digital, investasi, APBN, dan APBD. Itu makanan sehari-harinya Mas Gibran, itu sarapan paginya, itu makan siangnya, itu juga makan malamnya Mas Gibran," kata dia.
 
Oleh karena itu, Budiman yakin kinerja Gibran di Surakarta dapat menjadi contoh dan proyeksi untuk pengembangan perekonomian tingkat nasional.

Baca juga: Pakar politik: Debat cawapres harus jadi pembuktian kualitas Gibran
Baca juga: Dewan Pakar TKN: Gibran kuasai tema debat kedua pilpres
 
Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.
 
KPU juga telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat peserta Pilpres 2024. Seluruh rangkaian debat akan dilangsungkan di Jakarta secara berurutan pada tanggal 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, serta 4 Februari 2024.
 
Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Meski demikian, pasangan capres/cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.
 
Debat kedua untuk cawapres akan berlangsung pada tanggal 22 Desember 2023 dengan topik ekonomi, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, dan APBN.

Pewarta: Walda Marison
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023