Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan dirinya bersama calon wakil presiden Mahfud Md akan melibatkan kalangan difabel atau penyandang disabilitas dalam perencanaan pembangunan bila terpilih nanti.

Ganjar mengemukakan hal itu menjawab usulan dari komika atau pelawak tunggal penyandang disabilitas Dani Aditya saat me-roasting dirinya dalam sebuah acara di kawasan Menteng, Jakarta.

"Ya, kalau disabilitas sebenarnya kan dia memang butuh fasilitas untuk kesetaraan. Jadi, kalau kami merencanakan sebuah perencanaan pembangunan, (akan) libatkan mereka. Sehingga apa yang menjadi kepentingan mereka akan bisa terpenuhi," kata Ganjar di kawasan Menteng, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Anies sebut keadilan harus dirasakan kelompok difabel

Baca juga: Mahfud Md temui dan tampung aspirasi kaum difabel perempuan


Ganjar juga mengatakan bahwa dengan melibatkan kalangan difabel maka semua kebutuhan yang diperlukan kelompok tersebut dapat terwujud.

"Apa pun yang dia butuhkan, tidak hanya itu, akses pendidikan, kesehatan, fast track (akses cepat), semuanya itu yang dibutuhkan. Itulah setara," ujarnya.

Sebelumnya dalam sesi roasting acara tersebut, Dani mengusulkan kepada Ganjar untuk dapat mewujudkan akses cepat layanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) bagi kalangan difabel.

"Saya boleh usul enggak, Pak? Kalau Bapak nanti jadi presiden, tolong antrean untuk disabilitas BPJS itu dipercepat," kata Dani disambut tepuk tangan hadirin acara tersebut.

"Masa Dufan (Dunia Fantasi) ada fast track-nya, BPJS enggak? Kita butuh berobat, bukan butuh Kora-Kora (wahana hiburan di Dufan)," katanya disambut riuh hadirin.

Ia juga mengatakan bahwa antrean BPJS lama,  padahal tidak ada asuransi lain yang berani menanggung cedera atau penyakit yang diidap kalangan difabel, selain BPJS.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menerima pendaftaran tiga bakal pasangan capres-cawapres, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Masa kampanye pemilu ditetapkan mulai tanggal 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dijadwalkan pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023