Palembang (ANTARA News) - Menjelang pelaksanaan Islamic Solidarity Games III pada 22 September - 1 Oktober 2013, pembenahan lapangan rumput Stadion Madya Bumi Sriwijaya, Palembang, terus dilakukan.

"Saat ini sudah memasuki penanaman rumput paitan (gajah mini) yang sudah berjalan hampir lebih dari separuh lapangan," kata Kepala Bidang Penataan dan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Cipta Provinsi Sumatera Selatan Aminuddin di Palembang, Selasa.

Menurutnya, pembenahan stadion itu telah dilakukan sejak pertengahan Juli lalu yang diawali dengan pengerukan rumput liar di lapangan dengan menggunakan alat traktor.

Kemudian, dilakukan pengecatan tribun penonton hingga perbaikan-perbaikan umum lainnya. "Jenis rumput ini memang berbeda dengan jenis rumput seperti di Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring, tapi sebelum dipilih telah berkoordinasi dengan PSSI pusat agar tidak menyalahi aturan," katanya.

Ia menerangkan, jenis rumput paitan ini cepat tumbuh dengan subur sehingga cocok dengan keperluan mengingat pelaksanaan ISG akan digelar kurang dari dua bulan.

Sementara, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi Sumsel Laonma Tobing menargetkan pembenahan rumput itu rampung sebelum menjelang penyelenggaraan Islamic Solidarity Games.

"Panitia pelaksana telah menargetkan bahwa seminggu sebelum pelaksanaan, arena panahan dan perbaikan rumput di Stadion Bumi harus sudah selesai karena dua arena ini yg tergolong agak rumit," katanya.

Sementara Sekretaris Umum Pengprov PSSI Sumatera Selatan Augie Yahya Bunyamin mengatakan, renovasi stadion tersebut diperkirakan mengeluarkan dana Rp750 Juta.

"Dana ini akan dipergunakan untuk beberapa item perbaikan. Mulai dari yang terpenting yakni penggantian rumput stadion, penambahan ruang ganti dari dua menjadi empat, serta perbaikan lampu stadion dan beberapa fasilitas pendukung lainnya," ujarnya.

Cabang olahraga sepak bola akan diikuti sembilan negara memanfaatkan dua arena yakni Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring dan Stadion Bumi Sriwijaya.

Sementara, disediakan juga lapangan untuk berlatih yakni di Lapangan Sepak Bola Garuda, Lapangan Sepak Bola PT Pusri dan Stadion Patra Jaya, Pertamina, Plaju.

(KR-DLY/D011)

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013