Yang berangkat hari ini 3.700 orang, dan program mudik gratis total 420 tiket rute Batam-Belawan,
Batam (ANTARA) - Sebanyak 420 pemudik di Kota Batam, Kepulauan Riau, mengikuti program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan RI bekerja sama dengan PT Pelni pada momen Natal 2023-Tahun Baru 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Batam Muhammad Iqbal di Batam, Jumat, mengatakan secara keseluruhan terdapat 3.700 pemudik yang diberangkatkan menggunakan KM Kelud menuju Belawan, Medan, Sumatera Utara.

"Yang berangkat hari ini 3.700 orang, dan program mudik gratis total 420 tiket rute Batam-Belawan," ujar Iqbal.

Baca juga: Kemenhub sediakan angkutan mudik kapal gratis 4.415 tiket

Ia menyampaikan PT Pelni membuka penjualan untuk nonkursi tambahan yang diberikan Kementerian Perhubungan sebanyak 47 persen dari kapasitas.

Pihaknya juga memastikan seluruh alat keselamatan telah ditambah dan disiagakan sebagai upaya antisipasi dalam perjalanan.

"Alat keselamatan dilakukan penambahan seperti liferaft rakit penyelamat, kami tambah 29 sesuai dengan dispensasi yang diberikan oleh Kementerian Perhubungan," ujar dia.

Kata Iqbal, di pelabuhan terminal Pelni, pihaknya juga menyediakan jalur prioritas bagi ibu hamil, lansia hingga ibu membawa anak.

"Kalau di atas kapal kita siapkan juga tempat-tempat khusus bagi penumpang yang prioritas ini. Ada poliklinik juga kami siapkan jika memang ada yang merasa kurang sehat saat perjalanan," ujar dia.

Baca juga: Pelni Denpasar tambah rute tujuan NTT jelang Natal

 PT Pelni cabang Batam menyiapkan dua kapal penumpangan yaitu KM Kelud dan KM Doro Londa menghadapi arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Batam Muhammad Iqbal di Batam, Senin, mengatakan kedua armada tersebut disiapkan untuk melayani rute dari Batam ke Belawan serta dari Batam ke Jakarta.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023