Boyolali (ANTARA) - PT Jasa Marga Jogja Solo (JMJ) yang mengelola jalan tol Solo-Yogyakarta mengoptimalkan pelayanan dengan membuka jalur fungsional jalan tol mulai dari Kartasura Sukoharjo-Banyudono Boyolali sampai Karanganom Klaten, di Jawa Tengah.

Jalur tol itu dibuka menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 mulai 22 hingga 31 Desember 2023.

PT JMJ mulai mengoperasikan jalur fungsional jalan tol tersebut mulai dari Kartasura (Sukoharjo)- Banyudono (Boyolali) hingga Karanganom (Klaten), atau sepanjang 13 kilometer.

Pengoperasian jalur fungsional tanpa tarif ini bertujuan untuk mendukung pelayanan kepada masyarakat yang mudik dan berlibur di wilayah Solo dan Yogyakarta pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, kata Direktur Utama PT JMJ, Suchandra P Hutabarat, di Boyolali, Jumat.

Suchandra menjelaskan jalur fungsional jalan tol Jogja-Solo atau Kartasura hingga Karanganom akan dioperasikan dalam dua periode. Pada periode arus mudik yaitu pada 22 hingga 31 Desember 2023 dan pada periode arus balik yaitu pada 1 hingga 3 Januari 2024.

"Kami pada periode itu akan membuka jalur fungsional jalan tol Jogja-Solo (Kartasura hingga Karanganom) pada jam operasional jalur mulai dari pukul 06.00 hingga 17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melintas roda empat golongan 1 non bus dan non truk, tidak diperuntukkan untuk kendaraan berat. Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 km per jam," kata Suchandra.

Baca juga: Jalur fungsional Tol Solo-Yogyakarta-YIA Kulonprogo mulai dioperasikan

Baca juga: Pengelola Tol Semarang-Solo pastikan kesiapan hadapi libur akhir tahun

Baca juga: Jasa Marga siapkan dua ruas tol fungsional untuk Natal dan tahun baru


Berbeda dari pelayanan libur Hari Raya Idul Fitri sebelumnya yang hanya dibuka dari Kartasura hingga Jalan Sawit Boyolali sepanjang 6 km, dia menjelaskan pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 kali ini jalur fungsional dibuka lebih panjang dari akses gerbang tol Colomadu kemudian Banyudono hingga Karanganom Klaten sepanjang 13 km. Pengerasan jalan jalur fungsional kali ini, berupa konstruksi rigid pavement.

"Dengan jalur yang lebih panjang, kami memberikan pelayanan yang lebih optimal karena jalur fungsional ini dapat menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan untuk menghindari kepadatan lalu lintas yang kerap terjadi di Tugu Kartasura-Delanggu dan Jalan Raya Solo-Yogyakarta sekaligus memperpendek waktu perjalanan dari akses atau gerbang tol Colomadu menuju Klaten," katanya.

Jalur fungsional jalan tol Jogja-Solo atau Kartasura-Karanganom hanya dioperasikan satu arah pada periode arus mudik dan satu arah pada arus balik. Akses masuk jalur fungsional jalan tol Jogja-Solo dari jalan nasional akan melalui on/off Banyudono Boyolali yang berjarak sekitar 700 meter dari gerbang tol Colomadu.

Pengaturan arah arus lalu lintas ada periode arus mudik Natal dan tahun baru, yaitu pada periode 22-31 Desember 2023 pukul 06.00-17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari gerbang tol Colomadu atau jalan tol Trans Jawa, menuju Boyolali dan atau Kartasura serta menuju Klaten dan atau Yogyakarta.

Untuk pengguna jalan yang menuju Klaten dan atau Yogyakarta, dapat mengakses jalur fungsional melalui flyover Ngasem di STA 0+600 hingga gerbang tol Karanganom untuk melanjutkan perjalanan melalui jalan raya Solo-Yogyakarta.

Sementara itu, bagi pengguna jalan dari gerbang tol Colomadu yang menuju Boyolali dan atau Kartasura, juga akan dialihkan melalui Flyover Ngasem melalui gerbang tol Banyudono untuk melanjutkan perjalanan melalui Jalan Raya Solo-Semarang. Pada periode arus mudik ini, pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju jalan tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui gerbang tol Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui gerbang tol Colomadu.

Sementara itu, pada periode arus balik Natal dan tahun baru yaitu pada periode tanggal 1 hingga 3 Januari 2024 pukul 06.00 hingga pukul 17.00 WIB, jalur fungsional ini akan beroperasi satu arah dari gerbang tol Karanganom menuju gerbang tol Banyudono atau untuk tujuan Boyolali dan atau Kartasura dan gerbang tol Karanganom menuju gerbang tol Colomadu atau untuk tujuan jalan tol Trans Jawa.

Sama dengan periode mudik, untuk pengguna jalan dari Jalan Raya Solo-Semarang yang menuju Jalan Tol Trans Jawa juga dialihkan masuk melalui gerbang tol Banyudono untuk meneruskan perjalanan melalui gerbang tol Colomadu.

Baca juga: Pengelola tol Semarang-Solo berlakukan tarif baru mulai 27 November

Baca juga: Pengelola Tol Semarang-Solo jaring puluhan truk kelebihan muatan

Baca juga: Pemda DIY terbitkan IPL Tol Solo-Yogyakarta-Kulon Progo

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2023