Jakarta (ANTARA) - Grup band Kerispatih akhirnya kembali merilis single terbarunya bertajuk “Pesan Rindu” di bulan Desember 2023 yang diciptakan oleh dua anggota Kerispatih, yakni Arief Morada serta Fandy Santoso untuk mengenang mendiang sahabat mereka, Andika Putra Sahadewa.

Tahun 2022 lalu, Kerispatih sempat merilis single ballad berjudul “Pernah Terluka” untuk para penggemarnya, Mahapatih. Di proyek mereka kali ini, Arief dan Fandy menghadirkan sesuatu yang baru melalui perilisan single “Pesan Rindu”, dikutip dari keterangan persnya, Jumat. 

“Makanya, di single terbaru kali ini temponya lebih ke medium beat. Hanya saja, lirik dan melodinya melow,” kata Arief. 

Lagu ”Pesan Rindu” menceritakan tentang kerinduan seseorang kepada pasangannya yang sudah pergi dipanggil oleh Sang Pencipta. Seseorang ini berandai-andai, jika waktu dapat berputar kembali, dia ingin menyempurnakan cintanya yang dulu dirasa kurang sempurna. 

Baca juga: Sammy Simorangkir bawa ribuan fans bernostalgia bersama Kerispatih

Menariknya, lirik lagu “Pesan Rindu” akan mengingatkan para pendengarnya untuk lebih menghargai dan mencintai orang-orang terkasih yang masih ada di sekitar mereka, dan jangan sampai menyesal ketika orang tersebut telah tiada.

Bagi Kerispatih, single “Pesan Rindu” terasa sangat spesial karena terinspirasi oleh basis mereka sendiri, yakni mendiang Andika Putra Sahadewa yang telah meninggal dunia pada tahun 2018. Hingga kini, tiga anggota Kerispatih yang tersisa masih merasa kehilangan dan merindukan sosok Andika.

“Rasa rindu dan rasa kehilangan yang teramat dalam atas kepergian almarhum, menginspirasi saya dan Fandy untuk membuatkan lagu ini. Lagu ini sebagai penghormatan dari kami buat almarhum,” kata Arief.

Dia menambahkan, “Sebagai penghormatan atas semangat juangnya untuk Kerispatih serta menyerahkan estafet band ini agar tetap berjalan terus pantang mundur,” katanya.

Salah satu yang berbeda di single terbaru Kerispatih ini adalah karakter vokal Fandy yang semakin matang dan memiliki ciri khas, ditambah paduan aransemen musik easy listening dengan tetap memadukan ciri khas dari Kerispatih.

Tidak hanya merilis single-nya, Kerispatih juga merilis video klip untuk “Pesan Rindu”. Video klip lagu ini disutradarai oleh Sebastian dari Production House Angankara dengan mengambil lokasi syuting di sejumlah tempat, salah satunya di Pantai Pasir Putih PIK 2.

Baca juga: Kerispatih-Sammy bakal gelar konser reuni di Malaysia

“Konsep video klip pasti menceritakan soal lagunya. Tentang cewek yang punya kekasih dan perjalanan cinta mereka tentunya. Tapi sebenarnya pasangan ini yang satu telah tiada (meninggal dunia),” kata Fandy.

Sementara itu, Kerispatih merupakan salah satu grup band Indonesia yang terus mengibarkan semangat bermusiknya hingga kini. Sempat hiatus saat COVID-19 (2020 -2021) lalu, ketiga personel Kerispatih yang masih ada, yaitu Arief (gitar) Anton (drum) dan Fandy (vokal) akhirnya merilis lagu berjudul “Pernah Terluka” pada tahun 2022.

Melalui lagu “Pernah Terluka”, Kerispatih ingin menunjukkan bahwa mereka masih terus berkarya di belantika musik Indonesia. Kini, Kerispatih kembali merilis single terbarunya “Pesan Rindu” yang dipersembahkan untuk para penggemar sekaligus sebagai penutup tahun 2023.

“Harapannya, semoga lagu-lagu Kerispatih selalu diterima dan melekat di hati para pendengar musik Indonesia dan juga mengobati kekangenan Mahapatih atas karya-karya Kerispatih dan selanjutnya nikmati persembahan single terbaru kami ini ‘Pesan Rindu’ buat semua pecinta musik Kerispatih di manapun berada,” tutup Arief.

Baca juga: "Lagu Rindu" Kerispatih dibawakan ulang Tami Aulia

Pewarta: Vinny Shoffa Salma
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023