Sejak November kami sudah melaksanakan apel, sekaligus simulasi khususnya di masa pancaroba seperti ini
Bandarlampung (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Marsekal Madya TNI Kusworo mengatakan pihaknya siap mengantisipasi adanya keadaan gawat darurat menjelang pelaksanaan libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

"Kegiatan hari ini kami mengamati dan memantau secara langsung untuk kondisi dan situasi terkait tugas dan tanggung jawab sebagai tim SAR," kata Kusworo di Lampung Selatan, Jumat.

Ia menjelaskan, menjelang periode Natal dan Tahun Baru pihaknya pun siap untuk melakukan langkah antisipatif bila terjadi keadaan gawat darurat.

"Sejak November kami sudah melaksanakan apel, sekaligus simulasi khususnya di masa pancaroba seperti ini. Sebab kondisi seperti ini harus banyak hal yang diantisipasi untuk mencegah adanya kejadian yang tidak diinginkan," katanya.

Dia menjelaskan pada periode libur Natal dan Tahun Baru ini pun, pihaknya telah menyiapkan posko yang ada di 43 kantor SAR di seluruh Indonesia yang mulai beroperasi sejak 18 Desember.

"Khusus di Provinsi Lampung kali ini telah dilihat secara langsung untuk kepadatan arus lalu lintas, perkembangannya masih landai. Dan diharapkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut dia, dalam mengatasi kejadian kegawatdaruratan pada periode Natal dan Tahun Baru, semua tim SAR di seluruh Indonesia telah menyatakan kesiapannya untuk melakukan pertolongan dan penyelamatan.

"Intinya kesiapan dari segi personil dan alat pencarian penyelamatan yang ada secara keseluruhan semua siap. Dan apabila sewaktu-waktu dibutuhkan terutama pada periode libur Natal dan Tahun Baru pun dapat segera turun," katanya.

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023