Jakarta (ANTARA) - Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyatakan pihaknya percaya Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. akan menampilkan wajah ekonomi kerakyatan dalam debat calon wakil presiden yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Jumat malam.

Djarot juga mengatakan bahwa PDI Perjuangan percaya bahwa perpaduan Ganjar-Mahfud akan mempercepat kebangkitan ekonomi kerakyatan.

"Prof. Dr. Mahfud Md. akan menampilkan wajah ekonomi kerakyatan dengan ciri kolaborasi, berdikari, dan mendorong pentingnya digitalisasi serta ekonomi kreatif," ujar Djarot dalam keterangannya disiarkan di Jakarta, Jumat.

Selain itu, menurut Djarot, komitmen Mahfud Md. menjadikan laut sebagai sumber penciptaan lapangan kerja bagi masa depan, serta pentingnya perubahan fundamental dalam politik realokasi dan distribusi anggaran dalam APBN akan menjadi ciri terpenting kepemimpinan Ganjar-Mahfud terhadap wong cilik.

Dari pantauan media sosial, kata Djarot, menunjukkan pernyataan yang sangat negatif dan membuka kembali wajah autentik Prabowo yang sangat jauh berbeda dengan karakter Jokowi dan Ganjar.

"Akibat pernyataan dari Pak Prabowo, rakyat berharap agar debat cawapres nanti seluruh kandidat benar-benar menyampaikan gagasan yang membumi, realistik, dan visioner tentang bagaimana menggerakkan ekonomi kerakyatan sebagai pilar terpenting perekonomian nasional," kata dia.

PDI Perjuangan meyakini bahwa debat akan mampu mengubah konstelasi politik pilpres.

Djarot mengatakan bahwa momentum debat akan diramaikan dengan nonton bersama oleh PDI Perjuangan, PPP, Hanura, Perindo, dan para sukarelawan.

Baca juga: PDIP: Latar hukum Mahfud Md dapat kuasai tema ekonomi digital
Baca juga: Jelang debat cawapres, Prabowo tetap aktif sebagai Menhan


Debat kedua capres/cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Jumat, diikuti oleh cawapres dengan tema ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Debat capres/cawapres Pemilu 2024 diikuti oleh tiga pasangan peserta Pilpres 2024, yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Rangkaian debat selanjutnya akan dilanjutkan pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023