Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyebut pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang berkelanjutan akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, akses dan konektivitas, dan lapangan kerja.

“Pembangunan IKN yang berkelanjutan ini akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru, akan membuka akses dan juga konektivitas, sekaligus membuka lapangan kerja,” kata Gibran saat menyampaikan visi dan misi pada debat cawapres yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat.

Menurut Gibran, IKN bukan hanya tentang membangun gedung-gedung pemerintahan, melainkan juga sebagai simbol pemerataan dan transformasi pembangunan di Indonesia, yang merupakan hal yang wajib dilakukan.

Lebih lanjut, ia menyebut Indonesia harus mampu menaikkan nilai tambah di dalam negeri sebagai kunci untuk keluar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap).

“Di tengah gempuran resesi global, perang dagang, konflik geopolitik, rata-rata pertumbuhan ekonomi negara kita tetap resilient (tangguh) di rata-rata lima persen. Pertumbuhan ekonomi yang berkualitas didukung dengan penurunan angka pengangguran, angka kemiskinan, penurunan angka gini ratio, dan juga angka inflasi yang terkendali,” ujarnya.

Untuk itu, Gibran bersama pasangannya calon presiden nomor urut 1 Prabowo Subianto berkomitmen melanjutkan kebijakan hilirisasi, bukan hanya di bidang pertambangan, tetapi juga pertanian, perikanan, digital, dan lainnya.

“Kita lanjutkan juga pemerataan pembangunan yang tidak lagi Jawa sentris. Kita genjot terus ekonomi kreatif dan UMKM. Kita punya 64 juta UMKM yang menyumbangkan 61 persen untuk PDB (produk domestik bruto) kita,” kata dia.

KPU RI menetapkan tiga pasang capres-cawapres peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 pada Senin 13 Desember 2023.

Berdasarkan hasil pengundian nomor urut oleh KPU, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama antarcapres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat kedua meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Baca juga: Prabowo antar Gibran ke arena debat sambil berjoget
Baca juga: Relawan Prabowo-Gibran beri dukungan sambil joget "Oke Gas"

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023