Jakarta (ANTARA) - Azerbaijan mengadakan acara untuk merayakan peringatan 100 tahun kelahiran salah satu pemimpin negara tersebut, Haydar Aliyev, di Jakarta pada Jumat malam.

Acara tersebut dimulai dengan sambutan dari Duta Besar Azerbaijan untuk Indonesia Jalal Mirzayev, dilanjutkan dengan pertunjukan musik yang dibawakan oleh pianis dan juga seorang penyanyi asal Azerbaijan Bernama Tunar Manafzade.

“Tujuan utama kami adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia tentang Haydar Aliyev dalam pembangunan Azerbaijan modern,” kata Mizayev dalam sambutannya.

Dubes Azerbaijan tersebut mengatakan bahwa Haydar Aliyev dikenal luas sebagai pemimpin besar nasional rakyat Azerbaijan dan tokoh pendiri negara Azerbaijan yang merdeka.

Dia juga menyebutkan bahwa kebijakan dalam negeri yang dibuat oleh Haydar Aliyev telah mendatangkan stabilitas bagi Azerbaijan, sedangkan kebijakan luar negerinya menjadi dasar pengakuan negara Azarbaijan sebagai mitra yang dapat diandalkan dan terhormat di kancah internasional.

“Berkat kebijaksanaan Haydar Aliyev dan pandangan strategisnya terhadap masa depan, kini rakyat Azerbaijan hidup dalam negara yang bebas, demokratis, dan berlandaskan hukum,” ujar Mirzayev.

Haydar Aliyev adalah tokoh sejarah, pencipta dan arsitek negara Merdeka Azerbaijan. Peran besar Haydar Aliyev dalam sejarah Azerbaijan semakin disadari selama bertahun-tahun, kata Mirzayev.

“Berkat reformasinya secara menyeluruh, Azerbaijan telah berubah menjadi negara kuat yang modern dan berkembang secara dinamis,” katanya.

Haydar Aliyev, yang lahir pada 10 Mei 1923 di Nakhchivan, Azerbaijan, dan meninggal dunia pada 12 Desember 2003 di Amerika Serikat, adalah seorang politisi Azerbaijan yang menjadi presiden ketiga Azerbaijan dari Oktober 1993 sampai Oktober 2003.

Haydar Aliyev disebut menegakkan supremasi hukum dan melaksanakan reformasi politik dan ekonomi di Azerbaijan, serta membuat keputusan strategis mengenai industri minyak dan gas negara tersebut yang menjadi tonggak keberhasilan pembangunan negara itu.

Baca juga: Dubes Azerbaijan apresiasi komitmen Indonesia jaga perdamaian kawasan
Baca juga: Azerbaijan jadi tuan rumah Kongres Austronautika Internasional ke-74
Baca juga: RI dan Azerbaijan terus perkuat kolaborasi pelayanan publik

Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2023