Beijing (ANTARA) - China menyambut para ilmuwan dari seluruh dunia, termasuk dari Amerika Serikat, untuk mengajukan permohonan sampel bulan melalui saluran yang sesuai dengan prosedur permohonan, kata Juru Bicara Badan Antariksa Nasional China (CNSA) Xu Hongliang di Beijing, Jumat (22/12).

Xu membuat pernyataan tersebut sebagai tanggapan atas pernyataan Duta Besar AS untuk China Nicholas Burns, yang menyatakan China sangat mementingkan kerja sama internasional di bidang luar angkasa dan selalu terbuka untuk pertukaran luar angkasa dengan AS.

Menurut laporan China Daily, saat menghadiri kuliah yang diselenggarakan Council on Foreign Relations, sebuah lembaga pemikir di Washington, pada 12 Desember lalu, Burns menanggapi permintaan mengenai kolaborasi antariksa China-AS.

Burns mengatakan mengatakan dia tidak yakin China menunjukkan minat besar untuk bekerja sama dengan AS di bidang antariksa.

Xu pun menyatakan kebingungannya atas kontradiksi pernyataan Burns tersebut.

Di satu sisi, menurut Xu, AS menekankan kerja sama. Di sisi lain, beberapa orang di AS memuji Wolf Amendment yang membatasi kerja sama antariksa dengan China dan mendukungnya diterapkan secara permanen.

"Saya tidak mengerti apakah Amerika Serikat sedang bermain dengan kata-kata atau menghindari tanggung jawab," ujar Xu.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023