Jakarta (ANTARA) -
Ketua Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono, menilai penampilan Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming dalam debat Pilpres 2024 berhasil membalikkan persepsi publik.

"Beliau (Gibran) berhasil membalikkan persepsi sebagian kalangan yang sempat meragukan kompetensi dan cara komunikasinya," kata Budi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, yang diterima Sabtu.

Budi menilai bahwa perspektif minor itu seolah dipatahkan oleh penampilan gemilang yang disuguhkan putra sulung Presiden RI Joko Widodo itu.

Gibran, menurut dia, mendominasi hampir setiap sesi debat dan tampil percaya diri menyampaikan gagasannya sehingga layak disebut sebagai pemenang dalam debat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta itu.

"Mas Gibran layak disebut sebagai pemenang dalam setiap sesi debat yang dilaksanakan. Mas Gibran berhasil membuktikan diri sangat layak menjadi Wakil Presiden Republik Indonesia," kata dia.

Selain percaya diri, Gibran juga disebutnya memahami substansi persoalan yang diperdebatkan dan disampaikannya dengan cara komunikasi yang sederhana sehingga mudah dimengerti masyarakat.

Budisatrio juga menyoroti ketenangan dan kematangan Gibran dalam menjawab pertanyaan dan serangan dari calon wakil presiden lain.

"Mas Gibran juga sangat tenang dalam menghadapi pertanyaan, termasuk pertanyaan yang sifatnya tendensius. Beliau menunjukkan pribadi yang cukup matang, namun memang ditunjukkan dengan cara-cara yang khas anak muda. Ini menurut kami juga menjadi nilai plus," ujarnya.

Tidak hanya membuktikan diri sebagai calon wakil presiden, penampilan Gibran Rakabuming Raka malam itu, menurut Budisatrio, akan bisa menjadi inspirasi bagi anak-anak muda di Indonesia.

Penampilan Gibran, kata Budisatrio, juga akan mengingatkan masyarakat pada sosok Presiden RI Joko Widodo dari sisi gestur, gerak-gerik, dan pilihan diksi yang dipakai.

"Mas Gibran yang selama ini banyak diam dan jarang bicara panjang. Namun, pada malam ini kita melihat Mas Gibran yang sangat luwes menyampaikan argumentasinya. Dari sisi gestur dan gerak-geriknya, pilihan diksi yang dipakai, penampilan Mas Gibran malam ini mengingatkan kita pada sosok Presiden Jokowi," kata dia.

Budisatrio meyakini kemenangan penampilan Gibran malam ini akan berdampak positif pada kampanye yang tengah dilakukan.

Baca juga: Ekonom sayangkan cawapres tak dalami penguatan daya beli masyarakat
Baca juga: Ekonom sebut pendirian badan penerimaan belum atasi masalah pajak

Pewarta: Moch Mardiansyah Al Afghani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023