mudik gratis Natal dan Tahun Baru merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menciptakan momen kebahagiaan dan kebersamaan selama liburan akhir tahun.
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni mengatakan pihaknya melayani sekitar 751 penumpang mudik gratis yang berangkat menggunakan 27 bus selama musim liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Tadi data yang kami dapat dari pihak penyelenggara itu sekitar 751 penumpang menggunakan 27 bus,” kata Yulza ditemui di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu.

Dia menyampaikan ratusan penumpang tersebut dimuat menggunakan 27 bus guna memfasilitasi perjalanan mereka selama musim liburan Natal dan Tahun Baru. Setiap bus akan memuat sekitar 40 hingga 60 penumpang dengan kota tujuan di Jawa tengah, Jawa Timur maupun Jogyakarta.

“Itu tadi keberangkatannya sekitar pukul 09.00 pagi, menggunakan 27 bus. Ini hanya satu kali aja, periode sekarang saja mudik gratis ini,” jelas Yulza.

Yulza menerangkan mudik gratis tersebut merupakan program dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan yang baru diadakan tahun ini guna meningkatkan keselamatan dan kelancaran selama perjalanan mudik libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

“Mudik gratis Natal dan Tahun Baru ini diinisiasi oleh Kementerian Perhubungan, Dirjen Perhubungan Darat,” tambah Yulza.

 

Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Romadhoni diwawancara terkait situasi mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di Jakarta Timur, Sabtu (23/12/2023). ANTARA/Harianto
 

Menurutnya layanan mudik gratis Natal dan Tahun Baru tersebut merupakan wujud komitmen Pemerintah dalam menciptakan momen kebahagiaan dan kebersamaan selama liburan akhir tahun.

“Ini hanya satu periode sekarang saja. Kalau kemarin angkutan lebaran juga ada dari Kemenhub juga. Tapi mudik Natal dan Tahun Baru 2024 ini baru diadakan, kalau tahun 2022 lalu nggak ada,” ucap Yulza.

Baca juga: Kemenhub sediakan angkutan mudik kapal gratis 4.415 tiket
Baca juga: Pelni-Kemenhub koordinasi adakan mudik gratis periode Natal-Tahun Baru

 

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) menyelenggarakan mudik gratis pada libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Pada penyelenggaraan Mudik Gratis Natal dan Tahun Baru ini, Ditjen Perhubungan Darat menyediakan kuota 90 unit bus AKAP dan pariwisata dengan total 3.600 penumpang.

Selain di Terminal Kampung Rambutan, layanan pemberangkatan mudik gratis Natal dan Tahun Baru 2024 juga dilaksanakan di Terminal Terpadu Pulo Gebang.

Baca juga: Jalan Tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar pada H-2 Natal 2023
Baca juga: Terminal Kalideres tak temui kendala pada puncak peningkatan penumpang


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Indra Arief Pribadi
Copyright © ANTARA 2023