Kami minta pemudik agar jangan menerima makanan dan minuman dari orang tidak dikenal untuk mengantisipasi hal-hal yang merugikan calon penumpang yang berangkat dari sini
Jakarta (ANTARA) - Kepala Terminal Kampung Rambutan Yulza Ramadhoni mengimbau para pemudik liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 agar tidak menerima makanan ataupun minuman dari orang tidak dikenal (OTK), guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

 

“Kami minta pemudik agar jangan menerima makanan dan minuman dari orang tidak dikenal untuk mengantisipasi hal-hal yang merugikan calon penumpang yang berangkat dari sini,” kata Yulza ditemui di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta, Sabtu.

 

Selain jangan menerima makanan ataupun minuman dari orang tak dikenal, Yulza juga mengingatkan para penumpang untuk selalu waspada dan menjaga barang bawaannya ketika menunggu bus di ruang tunggu.

 

Selain kedua hal tersebut, Yulza juga mengimbau agar para pemudik untuk tidak membawa barang-barang yang mencolok, yang dapat memancing orang-orang jahat mendekati penumpang.

 

“Diawasi barang-barangnya, jangan membawa yang mencolok, perhiasan. Cukup membawa uang secukupnya saja,” ucap Yulza.

 

Seorang petugas Dinas Perhubungan berinteraksi sejumlah calon penumpang di Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Sabtu (23/12/2023). ANTARA/Harianto
 

Meski demikian, ia menyebut bahwa hingga saat ini pihaknya belum menemukan adanya kasus kecurian ataupun hipnotis yang dialami oleh para penumpang. Namun dia berharap, hal tersebut tidak terjadi kepada para pemudik di Terminal Kampung Rambutan.

 

“Sejauh ini selama mudik Natal dan Tahun Baru di Terminal Rambutan sejak tanggal 22 Desember, tidak ada penumpang yang kena hipnotis atau penipuan,” tambah Yulza.

 

Terminal Kampung Rambutan berkomitmen memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik dengan bersinergi kepada pihak kepolisian khususnya Polsek Ciracas demi kelancaran selama arus mudik hingga arus balik Natal dan Tahun Baru di terminal tersebut.

 

Sementara itu, sejumlah personel gabungan TNI-Polri terlihat berjaga di sebuah pos keamanan dari Polsek Ciracas, Polres Metropolitan Jakarta Timur, guna memberikan situasi yang aman dan kondusif selama arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Pos keamanan tersebut bertajuk Operasi Lilin Jaya 2023.


Baca juga: Hemat dan tepat waktu, alasan penumpang pergi liburan naik kereta
Baca juga: Lima ide untuk pohon Natal alternatif di rumah
Baca juga: Terminal Terpadu Pulogebang alami peningkatan penumpang jelang natal


Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2023