Moskow (ANTARA) - Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas pada Jumat (22/12) menyoroti kebutuhan mendesak untuk melanjutkan kembali dialog politik guna menyelesaikan konflik Palestina-Israel.

Dalam sebuah percakapan via telepon, Putin memberi tahu Abbas tentang langkah-langkah yang diambil pihak Rusia untuk membantu meredakan konflik tersebut dan memastikan pasokan bantuan kemanusiaan kepada mereka yang membutuhkan tidak terganggu, kata Kremlin dalam sebuah pernyataan.

"Rusia akan terus memasok barang-barang esensial ke Jalur Gaza, termasuk obat-obatan dan peralatan medis," lanjut pernyataan itu.

Kedua pemimpin menekankan "pentingnya mengakhiri pertumpahan darah lebih awal dan melanjutkan kembali proses penyelesaian politik Timur Tengah berbasis hukum internasional yang diakui secara umum" yang mengatur pembentukan Negara Palestina merdeka dalam perbatasan 1967.

Pihak Rusia juga menyuarakan dukungan atas sejumlah upaya yang dilakukan oleh kepemimpinan Palestina untuk memajukan proses penyelesaian politik itu.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023