Jakarta (ANTARA) - Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka menerima dukungan dari Solidaritas Nelayan Indonesia (SNI) di kawasan Pelabuhan Perikanan Kluwut, Brebes, Jawa Tengah, Minggu.

Dukungan itu secara seremonial diterima oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Juri Ardiantoro, yang mengatakan bahwa dukungan para nelayan tersebut menjadi modal besar untuk memenangi Pilpres 2024 hanya dengan satu putaran.

"
Tadi para nelayan sudah mendeklarasikan mendukung Prabowo-Gibran. Sanggup memenangkan Prabowo-Gibran satu putaran?" tanya Juri dalam orasi politiknya saat menghadiri acara deklarasi tersebut sebagaimana keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Para nelayan itu pun menjawab pertanyaan Juri dan menyatakan kesanggupannya untuk memenangkan Prabowo-Gibran dalam satu putaran.

"Sanggup!" seru para nelayan tersebut.

Menurut Juri, apabila Pilpres 2024 berlangsung satu putaran maka akan menghemat anggaran negara sekitar Rp17 triliun.

"Mending kita selesaikan pilpres ini satu putaran. Uang yang besar itu bisa untuk yang lain," ujarnya.

Selain itu, dia juga mengatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran merupakan cerminan dari Presiden Joko Widodo.

Dia menjelaskan bahwa banyak program kerja dari Presiden Joko Widodo seperti BLT, subsidi listrik, bantuan sosial, dana desa, BPJS kesehatan, dan BPJS ketenagakerjaan akan dilanjutkan serta ditingkatkan oleh Prabowo-Gibran.

"Prabowo-Gibran akan melanjutkan dan meningkatkan program tersebut," kata dia.

Oleh karena itu, dia meminta kepada para nelayan itu untuk memilih pasangan calon nomor urut 2 itu pada 14 Februari 2024 mendatang.

Baca juga: TKN klaim Gibran pelaku ekonomi syariah
Baca juga: Petakan potensi masalah, KPU Denpasar gelar simulasi pemungutan suara


Ketua Umum SNI Hadi Soetrisno mengatakan bahwa organisasinya secara tegas mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

Menurut dia, hal tersebut didasarkan atas kesesuaian semangat SNI dalam memperjuangkan harga BBM murah dan menghentikan impor ikan guna menaikkan harga ikan dalam negeri.

"Sedangkan perjuangan jangka menengah akan memperjuangkan harga BBM solar industri agar harganya Rp10 ribu ke bawah," kata dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu eksekutif 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian penetapan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN arahkan relawan perketat penjagaan TPS
Baca juga: Pedagang pasar di Surakarta minta Ganjar gaspol KTP Sakti pakai blanko


Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023