Persyaratannya mudah, hanya menyerahkan identitas diri calon penumpang pribadi (sendiri-sendiri) dan foto kopi kartu keluarga (KK) bagi calon penumpang satu keluarga
Malang (ANTARA News) - PT KAI menggratiskan tiket Kereta Api bagi masyarakat yang mudik Lebaran dengan tujuan Malang-Blitar pada 2-9 Agustus.

Kepala Stasiun Kotabaru Kota Malang Zainul di Malang, Kamis, mengemukakan bagi calon penumpang tujuan Blitar dengan tanggal keberangkatan mulai besok (Jumat, 2/8) tidak perlu membayar tiket, karena digratiskan.

"Persyaratannya mudah, hanya menyerahkan identitas diri calon penumpang pribadi (sendiri-sendiri) dan foto kopi kartu keluarga (KK) bagi calon penumpang satu keluarga," katanya, menambahkan.

Selain rute Malang-Blitar yang digratiskan, kata Zainul, pemberangkatan dari Blitar ke Malang pada saat arus balik mulai 10 hingga 13 Agustus juga digratiskan dan persyaratannya juga sama.

Menurut dia, pembebasan biaya perjalanan Malang-Blitar dengan KA Penataran tersebut, sebagai bentuk pemberian pelayanan mudik gratis pada masyarakat demi memudahkan warga yang ingin mudik menggunakan kereta lokal.

Menyinggung kapasitas tempat duduk yang digratiskan, baik untuk arus mudik maupun balik dengan tujuan Malang-Blitar dan sebaliknya Blitar-Malang, Zainul mengatakan tetap seperti pemberangkatan reguler harian.

Dari enam gerbong yang melayani rute Malang-Blitar dan Blitar-Malang itu, katanya, rata-rata mengangkut sekitar 106 orang penumpang. "Bahkan, untuk mengangut para pemudik lokal tersebut tidak ada tambahan gerbong maupun KA lain," katanya, menegaskan.

Sementara untuk tiket KA jarak jauh dengan tujuan Malang-Jakarta, baik KA Gajayana, Matarmaja maupun Majapahit dan tujuan Malang-Bandung serta Malang-Yogyakarta, termasuk dua KA tambahan sudah terjual habis mulai tanggal 9-18 Agustus 2013.

"Harga tiket rata-rata naik dari hari-hari biasa, namun kenaikannya tidak terlalu tinggi, seperti tiket KA Malioboro dengan tujuan Malang-Yogyakarta menjadi Rp250 ribu dari harga normal Rp175 ribu," ujarnya.

Sedangkan tiket KA Gajayana rata-rata sebesar Rp600 ribu, KA Malabar (Malang-Bandung) seharga Rp300 ribu dan KA Matarmaja (Malang-Jakarta ekonomi) seharga Rp130 ribu.

Pewarta: Endang Sukarelawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013