Kepada pendaki kami selalu kampanyekan kebersihan kawasan Bukit Kaba, pendaki kita himbau untuk menjaga kebersihan dan membawa turun sampah pribadi
Rejang Lebong, Bengkulu (ANTARA) - Ratusan pendaki yang berasal dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu, dan luar daerah memadati Gunung Api Bukit Kaba Kabupaten Rejang Lebong guna melakukan camping di kawasan itu.

Gunung Api Bukit Kaba yang berada di Desa Sumber Urip, Kecamatan Selupu Rejang ini setiap kali musim libur sekolah dan peringatan HUT RI maupun Sumpah Pemuda selalu dipadati pendaki yang datang dari berbagai daerah.

"Berdasarkan data pendaki yang melakukan registrasi di Pos Pendakian Desa Sumber Urip yang naik pada Sabtu sore kemarin lebih dari 300 orang. Jumlah ini belum ditambah dengan mereka yang masuk melalui Pos Air Sempiang Kepahiang," kata ketua Pokdarwis Desa Sumber Urip Yulian Adi Pratama di Rejang Lebong, Minggu.

Dia menjelaskan, pendaki yang naik ke Bukit Kaba ini selain berasal dari kecamatan di Rejang Lebong, kemudian kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu, juga dari sejumlah daerah di Provinsi Sumatera Selatan seperti Kota Lubuklinggau, Musi Rawas, Palembang hingga dari Provinsi Jambi.

Pendaki yang naik ke gunung api aktif di Provinsi Bengkulu tersebut, kata dia, untuk mengisi liburan sekolah serta liburan Natal 2023. Jumlah pendaki ini akan terus bertambah hingga Tahun Baru 2024.

Menurut dia, jumlah pendaki yang naik Bukit Kaba setiap tahunnya paling banyak saat liburan Tahun Baru dan peringatan HUT RI. Pada momen ini jumlah pendaki yang naik bisa lebih dari 1.000 orang.

"Kepada pendaki kami selalu kampanyekan kebersihan kawasan Bukit Kaba, pendaki kita himbau untuk menjaga kebersihan dan membawa turun sampah pribadi," katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong M Budianto menyatakan, Taman Wisata Alam (TWA) Bukit Kaba merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Rejang Lebong yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik dari wilayah Provinsi Bengkulu maupun luar provinsi.

Kendati TWA Bukit Kaba masuk dalam pengelolaan BKSDA Provinsi Bengkulu, namun Pemkab Rejang Lebong, tambah dia, terus mengupayakan penambahan fasilitas pendukung kawasan wisata ini dengan membangun jalan maupun jembatan sehingga memudahkan orang untuk naik ke Bukit Kaba.

Baca juga: Festival Bukit Kaba ajang promosi desa wisata di Rejang Lebong

Baca juga: Pendaki kibarkan bendera raksasa di Bukit Kaba Rejang Lebong

Baca juga: BKSDA Bengkulu melepasliarkan dua trenggiling

 

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023