Medan (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga memastikan stok bahan bakar di Sumatera Utara yakni bahan bakar minyak (BBM), gas minyak cair (LPG) dan avtur aman selama periode Natal 2023 serta Tahun Baru 2024.

"Stok BBM, LPG dan avtur aman. Kami akan selalu memberikan yang terbaik dalam melayani pelanggan," ujar Direktur Pemasaran Pusat dan Niaga Pertamina Patra Niaga Maya Kusmaya dalam keterangan tertulis yang diterima di Medan, Minggu.

Maya pun memastikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sarana, fasilitas dan petugas untuk melayani pasokan bahan bakar dari terminal (fuel terminal/FT), depot ke SPBU-SPBU.

Pernyataan tersebut disampaikannya seusai memantau ketersediaan energi di Sumut pada 20-22 Desember 2023.

Pada periode tersebut, dia mengunjungi Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Kualanamu, FT Medan Group, Kantor Regional Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, FT Pematang Siantar, DPPU Silangit dan sejumlah SPBU di Kota Medan, Kabupaten Serdang Bedagai, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Toba.

"Pertamina Patra Niaga siap untuk melayani masyarakat dalam merayakan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Semua sarana, fasilitas dan infrastruktur telah disiagakan di setiap jalur mudik untuk mendukung kelancaran Satuan Tugas Natal dan Tahun Baru," kata Maya.

Selain itu, Maya juga untuk mengecek sarana dan fasilitas serta ketersediaan energi di jalur mudik dan wisata.

Dia lalu bertemu serta berdialog dengan pejabat daerah seperti Bupati Toba Poltak Sitorus.

Poltak pun menyampaikan apresiasi kepada Pertamina Patra Niaga yang sudah mendukung suplai energi saat Natal dan Tahun Baru. Dia mengimbau masyarakat agar tidak khawatir terhadap suplai energi.

"Kami berharap masyarakat tertib dan jangan khawatir tentang suplai energi. Pasti cukup," kata Poltak.

Dalam agenda tersebut, Maya yang sempat memberikan apresiasi berupa sembako untuk operator dan awak mobil tangki (AMT) Pertamina didampingi oleh pejabat Pertamina Patra Niaga termasuk Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) Freddy Anwar.

Pertamina Patra Niaga Sumbagut menyatakan, lima FT di Sumut yakni FT Medan Group, FT Kisaran, FT Siantar, FT Sibolga, dan FT Gunungsitoli yang menyimpan total 166.321 kiloliter bahan bakar minyak.

Jumlah itu setara dengan sekitar 32 persen BBM yang tersimpan di seluruh wilayah Sumbagut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau yakni 518.386 kiloliter.

Sementara itu untuk LPG, tersedia 6.000 metrik ton di Terminal LPG Pangkalan Susu.

Adapun untuk DPPU, Sumut memiliki lima unit yakni Kualanamu, Silangit, Pinangsori, Binaka Nias dan Polonia ​​​​​​yang keseluruhan stok avturnya aman sampai Januari 2024.

Baca juga: Pertamina sediakan 359 SPBU Siaga di Sumbagut pada Natal-tahun baru

Baca juga: Pertamina sesuaikan harga BBM di Sumut

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023