Makassar (ANTARA) - Bupati Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Budiman menyerahkan bantuan sebanyak 210 mesin kapal berkapasitas 13 PK kepada para nelayan tangkap dan 64 perahu untuk membantu meningkatkan ekonomi warga.

"Bantuan itu adalah komitmen kami kepada masyarakat dan saya berharap apa yang diberikan ini bisa dijaga baik-baik dan dipelihara agar bisa membantu peningkatan ekonomi masyarakat khususnya nelayan," kata Budiman di Luwu Timur, Senin.

Bantuan sejumlah sarana dan prasarana perikanan itu diberikan kepada kelompok nelayan tangkap, sedangkan kelompok nelayan budidaya diberikan bibit ikan karper dan nila.

Baca juga: Pemkot Palu salurkan bantuan 62 perahu kepada nelayan

Ia berharap dengan diberikannya bantuan sarana prasarana perikanan serta bibit ikan produksi, maka kesejahteraan nelayan dan petani pembudidaya ikan dapat lebih meningkat.

Bupati memastikan program bantuan kepada para nelayan dan petani pembudidaya ikan itu akan terus berjalan karena pemberian bantuan kepada kelompok nelayan merupakan program prioritasnya.

“Saya berharap bantuan yang diberikan itu dipelihara dengan baik agar ke depan bisa memaksimalkan hasil tangkapan ikan para nelayan,” katanya.

Budiman juga meminta para kepala desa agar selalu turun ke lapangan untuk memastikan semua bantuan yang diserahkan itu diterima dengan baik oleh yang berhak menerimanya.

Baca juga: Pemkot Bengkulu serahkan bantuan 17 perahu sampan untuk nelayan

“Saya minta para kepala desa agar selalu ke lapangan melihat kondisi dan memastikan bantuan yang diberikan ini betul-betul dimanfaatkan dengan baik,” katanya.

Bupati juga meminta penyuluh perikanan setelah melakukan penyerahan bantuan agar terus melakukan pendampingan sehingga ikan yang dibudidayakan bisa cepat besar dan bisa dipanen sehingga siklus produksi juga semakin cepat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perikanan Luwu Timur Alimuddin Nasir dalam laporannya menyampaikan bahwa penyerahan bantuan sarana prasarana untuk perikanan tangkap dan perikanan budidaya tahun 2023 di Kecamatan Towuti sebanyak 210 unit mesin diberikan kepada 210 orang (21 kelompok) dan bantuan bibit ikan diberikan kepada 20 orang (2 kelompok).

Baca juga: Pemkot Batam serahkan bantuan sarana penangkap ikan untuk nelayan

“Tujuan diserahkannya bantuan itu untuk meningkatkan kesejahteraan kelompok usaha perikanan,” ucapnya.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023