Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan hujan berintensitas ringan hingga lebat yang disertai petir melanda sejumlah kota besar di Indonesia pada Selasa.


 
  Laman www.bmkg.go.id menyatakan, pada pagi hari, hujan ringan akan membasahi wilayah Pekanbaru, sedangkan Tanjung Pinang diperkirakan hujan berintensitas sedang.


 
  Pada siang hari, hujan ringan berpeluang turun di wilayah Bengkulu, Gorontalo, Semarang, Surabaya, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Pangkal Pinang, Tanjung Pinang, Mataram, Pekanbaru, Mamuju, Kendari dan Medan.


 
  Hujan berintensitas sedang akan mengguyur Bandung. Adapun wilayah Banda Aceh, Banjarmasin, dan Bandar Lampung akan dilanda hujan lebat disertai petir.


 
  Memasuki malam hari, hujan ringan berpotensi turun di wilayah Banda Aceh, Bengkulu, Gorontalo, Bandung, Semarang, Palangkaraya, Samarinda, Manokwari, Kendari, Padang, dan Medan.


 
  Hujan berintensitas sedang diramalkan mengguyur Serang, sementara hujan lebat disertai petir akan melanda wilayah Jambi, Bandar Lampung, dan Pekanbaru.


 
  Hujan ringan masih akan mengguyur beberapa kota besar di Indonesia pada Rabu (27/12) dini hari, seperti di Banda Aceh, Bengkulu, Surabaya, Tanjung Pinang, Ambon, Kendari, dan Padang.


 
  Sementara hujan berintensitas lebat disertai petir akan mengguyur wilayah Bandar Lampung dan Pekanbaru. Adapun Jambi, Samarinda, dan Palembang diperkirakan diselimuti kabut.


 
  Warga yang tinggal di daerah-daerah yang diperkirakan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat sebaiknya meningkatkan kewaspadaan untuk menghadapi kemungkinan terjadi genangan atau banjir.

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023