Pontianak (ANTARA) - Calon Presiden nomor urut satu Anies Baswedan menggaungkan bantuan sosial (Bansos) Plus kepada para pedagang dan pembeli yang ada di pasar Flamboyan Pontianak, sebagai salah satu program unggulannya yang akan dilaksanakan jika terpilih menjadi presiden periode 2024-2029 nanti.

"Program ini merupakan pengembangan dari program yang ada sebelumnya, yang kita lakukan untuk memperkuat salah satu poin perubahan agar program Bansos ini bisa menjadi lebih baik," kata Anies saat mengecek harga sembako sekaligus meninjau kondisi pasar tradisional Flamboyan, Kota Pontianak, Selasa.

Anies menyebut Bansos Plus ini memiliki tiga poin utama yakni plus manfaatnya, plus penerimanya, dan plus layanannya.

"Kedua, kami juga mengenalkan Bansos Plus, plus manfaatnya yang artinya manfaatnya akan ditambah, plus penerimanya yang artinya data penerima diperbaiki, dan plus layanannya yang artinya negara memberikan pelayanan terbaik kepada semua penerima Bansos Plus," tuturnya.

Dirinya memastikan akan merealisasikan program Bansos Plus tepat sasaran dan benar-benar menyentuh ke penerima manfaat.

Pada kesempatan itu, Anies menilai bantuan sosial (bansos) bukanlah solusi untuk mengatasi masalah kemiskinan. Karena menurutnya, kemiskinan selama ini dipandang sebagai masalah sosial, bukan masalah ekonomi.

"Karena itu, kata Anies, kemiskinan selama bertahun-tahun diselesaikan dengan kebijakan sosial," katanya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menambahkan, saat melakukan dialog dengan beberapa pedagang di Pontianak, semua mengeluhkan harga kebutuhan pokok yang semakin mahal dan menurunkan daya beli masyarakat.

"Untuk itu kita akan meningkatkan daya beli masyarakat dengan meningkatkan pertumbuhan perekonomian dan pemerataan, sehingga masyarakat yang berada di ekonomi menengah dan rendah bisa ikut merasakan pertumbuhan ekonomi juga. Kita juga akan memberikan dukungan kepada para pedagang dengan memperbanyak koperasi pasar, sehingga para pedagang yang memerlukan modal lebih bisa mendapatkan dana tambahan modal dengan mudah," kata Anies.

Anies mengatakan pihaknya juga akan meningkatkan pelatihan kepada para pedagang dan pelaku UMKM, dan mempermudah akses pemodalan agar mereka mampu tumbuh dan menciptakan banyak lapangan pekerjaan.
Baca juga: Capres Anies gelar kampanye dialogis di Pontianak
Baca juga: Respons Anies soal candaan Gus Yahya: Yang penting ikhtiar
Baca juga: Capres Anies Baswedan: Hilangkan fenomena "ordal" dengan transparansi
Baca juga: Anies Baswedan: Program pembangunan 40 kota bukan mulai dari nol

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023