Jakarta (ANTARA) -
Tim Supervisi Mabes Polri pada Selasa mengunjungi Biro Operasional Polda Metro Jaya untuk memastikan jajaran di kewilayahan menjalankan Operasi Lilin Jaya 2023 yang telah direncanakan dengan baik oleh Mabes Polri.
 
"Supervisi ini untuk memastikan jajaran di kewilayahan menjalankan operasi yang telah direncanakan dengan baik oleh Mabes Polri sehingga cara bertindak dan gelaran personel sesuai dengan SOP yang ditetapkan selama pelaksanaan Natal dan tahun baru," kata Ketua TIM Supervisi Karo Penmas Divhumas Polri Brigjen Polisi Ahmad Ramadhan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta.
 
Ramadhan juga mengatakan momentum Natal selalu ditunggu oleh masyarakat Indonesia di setiap ujung tahun dan berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.
 
"Hal tersebut tentunya membuat tantangan tugas Polri semakin kompleks sehingga membutuhkan kesiapan, baik mental maupun fisik untuk terwujudnya siskamtibmas yang aman dan kondusif." katanya.

Baca juga: Polda Metro Jaya siapkan 4.041 personel amankan Natal dan tahun baru
 
Ramadhan menambahkan, potensi pergerakan masyarakat pada liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini meningkat 2,5 kali lipat dibanding tahun 2022.
 
"Prediksi puncak arus mudik Natal dan tahun baru di tanggal 22-23 Desember, sedangkan untuk arus balik di tanggal 26-27 Desember dan tanggal 1-2 Januari," katanya.
 
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di beberapa wilayah mengalami peningkatan sebagai imbas meningkatnya situasi politik dalam proses Pemilu 2024.
 
Ia menyebutkan bahwa dalam Operasi Lilin tidak hanya pengamanan tempat ibadah dan arus mudik-balik, namun juga antisipasi terorisme, penanganan bencana alam serta ketahanan pangan masyarakat.
 
"Hal ini perlu kesiapan kita semuanya. Selain itu pengamanan di tempat wisata, objek vital dan permukiman warga juga harus kita antisipasi," kata Ramadhan.

Baca juga: Polri gelar Operasi Lilin untuk pengamanan libur Natal dan tahun baru
 
Ia juga berpesan agar seluruh jajaran tidak lengah karena semua ini memerlukan kesiapsiagaan Polri guna menciptakan keamanan di tengah masyarakat.
 
"Diharapkan dengan pelaksanaan kegiatan Operasi Kepolisian yang digelar, mampu memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat selama musim liburan Natal dan tahun baru," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Brigjen Pol Ahmad Ramadhan (Karo Penmas Divhumas Polri) sebagai ketua tim, Kombes Polisi Sri Astuti dari Densus 88, Kombes Polisi Roni Faisal dari Divpropam Polri serta Kombes Polisi Edy Daryono dari Baharkam Polri.

Kepala Biro Operasional (Karoops) Polda Metro Jaya Brigjen Polisi Marsudianto dan Pejabat Utama Polda Metro Jaya serta seluruh Kepala Sub Satuan Tugas (Kasubsatgas) Operasi Lilin Jaya 2023.
 
Operasi Lilin 2023 berlangsung selama 12 hari, dimulai 22 Desember 2023 sampai 2 Januari 2024.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023