Peningkatan jumlah kunjungan sudah terjadi sejak dua hari menjelang Natal, dimana volume kendaraan yang masuk tempat wisata di kawasan utara meningkat
Cianjur (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, menyebutkan objek wisata di Cianjur ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah terutama Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi ( Jabodetabek) selama libur akhir tahun, Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala Disbudpar Cianjur, Ahmad Danial  dihubungi di Cianjur, Selasa, mengatakan total per hari jumlah kunjungan wisatawan ke berbagai objek wisata seperti Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara, Savilage Puncak dan objek wisata air terjun di wilayah tersebut mencapai 21 ribu orang.

"Peningkatan jumlah kunjungan sudah terjadi sejak dua hari menjelang Natal, dimana volume kendaraan yang masuk tempat wisata di kawasan utara meningkat, tercatat sekitar 21 ribu orang didominasi wisatawan asal Jabodetabek," katanya.

Tidak hanya di wilayah utara, pihaknya mencatat peningkatan angka kunjungan ke objek wisata air terjun dan pantai di wilayah selatan mencapai 5.000 orang setiap harinya. Ia memperkirakan jumlah kunjungan akan terus meningkat hingga Tahun Baru 2024.

Berbagai sarana dan prasarana penunjang telah dibangun pemerintah daerah termasuk membangun infrastruktur jalan menuju objek wisata andalan di wilayah selatan guna memudahkan wisatawan mengunjungi objek wisata itu dengan cepat, aman dan nyaman.

Baca juga: Polisi berlakukan sistem satu arah hindari macet total di Puncak

Baca juga: Pemkab Cianjur rekomendasikan Puncak II laik dilalui pendatang


"Sejak jauh hari kami menggencarkan promosi objek wisata baru dan andalan Cianjur di media sosial dan media cetak serta elektronik yang dapat dikunjungi wisatawan lokal dan luar Cianjur bahkan mancanegara," katanya.

Untuk meningkatkan angka kunjungan serta membuat betah wisatawan berlama-lama berlibur ke Cianjur, pihaknya membuat kalender kegiatan rutin setiap bulan mulai dari kegiatan seni dan budaya, pameran bunga hias sampai dengan peragaan busana.

Kalender kegiatan tersebut, digelar di sejumlah objek wisata andalan dan hotel di Cianjur, sehingga wisatawan yang datang dapat menikmati berbagai pertunjukan selain menikmati suasana alam dan pemandangan di objek wisata di Cianjur yang tidak dimiliki wilayah lain.

"Tahun depan kami juga menggelar kegiatan bertaraf nasional dan internasional setiap bulan-nya di sejumlah objek wisata di wilayah utara seperti Festival Bunga Hias dan Festival Ayam Pelung, serta agenda tahunan Hari Jadi Cianjur," katanya.

Sementara pelaku pariwisata di Cianjur, membenarkan peningkatan angka kunjungan terjadi sejak awal libur panjang, terutama ke objek wisata air terjun di wilayah selatan seperti Curug Cikondang, Curug Citambur dan Curug Ngebul yang mencapai 1.000 orang setiap harinya.

"Sejak awal libur panjang Natal dan tahun baru, angka kunjungan mengalami peningkatan yang cukup tinggi dibandingkan tahun lalu, setiap hari pengunjung yang datang mencapai 1.000 orang lebih," kata pengelola Curug Cikondang, Sundara Saputra.

Baca juga: Pemkab: Jalan beton sepanjang 18 km tuntas dibangun akhir tahun

Baca juga: Dinas PUTR Cianjur meluncurkan aplikasi Modis atasi banjir


 

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023