Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyerahkan kasus penembakan terhadap relawan pendukungnya kepada pihak kepolisian.
 
"Ini sudah diselidiki polisi. Kita lihat nanti hasil penyelidikannya. Saya kira itu," kata dia saat melakukan kunjungan di Banda Aceh, Selasa.
 
Prabowo mengatakan kondisi korban saat ini sudah stabil setelah mendapatkan perawatan di rumah sakit. Dia menyakini motif penyerangan akan semakin mudah untuk diungkap setelah kondisi korban pulih.
 
"Ini tentunya sesuatu yang mudah-mudahan akan diketemukan motif secepatnya," kata dia.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Pol. Dirmanto menyebut hingga saat ini pihaknya telah memeriksa 11 orang saksi terkait peristiwa penembakan Muarah (48), tokoh masyarakat di Kabupaten Sampang yang dilakukan oleh orang tak dikenal.
 
"Sampai saat ini sudah 11 orang yang diperiksa sebagai saksi," ujar Dirmanto di Surabaya, Selasa (26/12).
 
Ia menyampaikan sampai saat ini tim khusus dari Jatanras Ditreskrimum, tujuh petugas Labfor Polda Jatim serta bersama anggota Kepolisian Resor Sampang sedang bekerja keras menyelidiki untuk mengungkap kasus penembakan ini.
 
"Minta doanya, mudah-mudahan segera terungkap kasus ini ya," ujarnya.
 
Pada kesempatan itu, Dirmanto menegaskan jika kasus penembakan ini tidak terkait dengan politik meski korban merupakan relawan pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 02 Prabowo-Gibran.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo: Perlu langkah integralistik terkait penanganan Rohingya
Baca juga: Polisi periksa 11 saksi terkait penembakan di Sampang

Pewarta: Walda Marison
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023