Beijing (ANTARA) - China terus bekerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan koordinasi dan menggalang tindakan lebih bertanggung jawab dan bermakna di Dewan Keamanan PBB untuk perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) China Mao Ning di Beijing, Senin (25/12), mengatakan China juga meminta semua pihak mengupayakan penghentian awal permusuhan di Gaza serta penerapan solusi dua negara di Timur Tengah.

Mao mengatakan China memberikan suara untuk mendukung Resolusi 2720, resolusi kedua yang diadopsi Dewan Keamanan PBB sejak awal tercetusnya konflik Palestina-Israel.

Mao juga menambahkan resolusi tersebut masih belum sesuai dengan harapan internasional dan memiliki beberapa kekurangan yang harus diisi.

Karena konflik Palestina-Israel saat ini telah menewaskan serta melukai puluhan ribu warga sipil dan situasi kemanusiaan di Gaza terus memburuk, lanjut Mao, China mendesak agar resolusi tersebut dapat diimplementasikan secara efektif, bantuan kemanusiaan diperluas, dan mekanisme pengawasan dibentuk secepatnya.

Upaya mewujudkan gencatan senjata tetap menjadi prioritas mutlak dan prasyarat untuk yang lainnya, kata Mao.

China pun akan terus bekerja sama dengan semua pihak untuk meningkatkan koordinasi serta mendorong langkah lebih bertanggung jawab dan bermakna di Dewan Keamanan PBB.

Selain itu, ujar Mao, China juga melakukan upaya tanpa henti demi mewujudkan pengakhiran permusuhan di Gaza secepatnya, implementasi solusi dua negara, serta perdamaian dan stabilitas di Timur Tengah.

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023