Banyuwangi (ANTARA) - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tiba di Bandara Udara Internasional Banyuwangi, Jawa Timur, menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dan disambut langsung oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Ipuk Fiestiandani, Rabu.

Dalam kunjungan kerjanya ke Banyuwangi, Presiden Jokowi dijadwalkan memantau penyaluran Bantuan Langsung Tunai El Nino, dialog dengan warga penerima sertifikat Tanah Obyek Reforma Agraria (TORA) di lapangan Maron Kecamatan Genteng.

Sesuai rencana, di lokasi penerima sertifikat program TORA, Presiden akan berdialog dengan warga penerima sertifikat program TORA dan Perhutanan Sosial.

Presiden juga dijadwalkan meninjau penyaluran Bantuan Langsung Tunai El Nino di Kantor Pos Kecamatan Genteng. Bantuan BLT El Nino disalurkan antara lain bagi para petani yang terdampak kekeringan.

Data Pemkab Banyuwangi menyebutkan terdapat sebanyak 15.107 keluarga mendapatkan SK Biru dalam program TORA tahap pertama dengan luasan total 694 hektare. Ini menjadi capaian terbesar program TORA di Indonesia.

Di Banyuwangi, penerima BLT El Nino tercatat ada sebanyak 111.127 keluarga penerima manfaat (KPM). Penyalurannya sudah dimulai sejak 20 Desember 2023 lewat Kantor Pos.

Presiden Jokowi juga direncanakan meninjau Pasar Rogojampi, sekaligus membagikan bantuan kemasyarakatan (uang tunai) kepada pedagang dan bantuan sembako.

Baca juga: Presiden dijadwalkan pantau penyaluran BLT El Nino di Banyuwangi

Baca juga: Iriana Jokowi apresiasi program penurunan stunting di Banyuwangi

Baca juga: Presiden Jokowi tinjau prakondisi normal baru pariwisata di Banyuwangi

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023