Chengdu (ANTARA) - China pada Selasa (26/12) membuka jalur kereta cepat baru di Provinsi Sichuan yang menghubungkan Chengdu, ibu kota provinsi tersebut, dengan Kota Zigong dan Kota Yibin.

Jalur kereta cepat Chengdu-Zigong-Yibin dengan kecepatan yang dirancang mencapai 350 km per jam dan memiliki 12 stasiun di sepanjang jalurnya yang mencapai panjang 261 km.

Karena medan yang rumit, jalur kereta baru itu memiliki 231 jembatan dan 29 terowongan, menurut Zhang Zongwei, komandan perusahaan jalur kereta cepat Chengdu-Zigong-Yibin.

Jalur kereta baru tersebut menjadi pelengkap bagi jalur kereta antara Chengdu dan Guiyang yang sudah ada dengan kecepatan yang dirancang mencapai 250 km per jam. Keduanya membentuk jalur lingkar antara Chengdu dan Yibin.

Dengan memangkas waktu tempuh, jalur kereta tersebut dirancang untuk membantu kota-kota seperti Yibin dan Zigong di Sichuan selatan dan kota-kota lain di provinsi tetangganya, Yunnan dan Guizhou, lebih terintegrasi dengan lingkaran ekonomi Chengdu-Chongqing.

Jalur kereta itu merupakan bagian dari jaringan jalur kereta cepat China yang berpusat di sekitar delapan jalur vertikal utama yang menghubungkan daerah utara dan selatan, serta delapan jalur horizontal yang menghubungkan daerah timur dan barat. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023