Ambon (ANTARA) - Ketua Umum (Ketum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep didapuk menjadi ayah angkat dari Desa Hutumuri saat mengunjungi Maluku.

"Sekarang kami punya tanggung jawab lebih, khususnya untuk masyarakat Desa Hutumuri agar lebih sejahtera untuk warga di sini," kata Kaesang dalam keterangan yang diterima di Ambon, Maluku, Rabu.

Pada kesempatan itu putra Presiden Joko Widodo ini diangkat menjadi ayah angkat dari Anak Negeri Desa Hutumuri oleh Aman Upu (Tuan tanah) Negeri Hutumuri Agus Thenu.

Gelar ayah Desa Hutumuri yang disematkan kepada Kaesang diawali dengan penyambutan menggunakan kain gendong menuju Baileo Suluh Waming (rumah adat Maluku) oleh warga desa.

Baca juga: Kaesang siap datang dan dukung langsung Gibran saat debat cawapres

Kemudian Kaesang yang diberikan gelar adat Ya Huan juga diberi tahuri (alat musik tiup khas Maluku) sebagai tanda kehormatan oleh Aman Upu Desa Hutumuri.

Selaku Aman Upu Negeri Hutumuri, Agus Thenu, mengaku senang dengan kedatangan Kaesang Pangarep ke negeri yang berada di Pulau Ambon itu.

"Karena dia datang ke sini, kami angkat dia jadi bapak angkat dengan nama Ya Huan," kata Agus.

Agus berharap Kaesang dapat terus ingat dengan masyarakat di Desa Hutamuri dan dapat menjadi bapak yang selalu ingat dengan anaknya.

"Supaya dia jadi bapak untuk anak negeri. Jadi dia harus ingat dengan anaknya, kalau anaknya minta sebagai bapak harus memberi," ucap Agus.

Sebelumnya kedatangan Kaesang ke Maluku merupakan agenda partai untuk mengingatkan kader di Maluku agar memenangkan pasangan Calon Presiden (Capres) Prabowo dan Cawapres Gibran pada Pilpres 2024. Ia mengaku optimistis bahwa PSI di Maluku juga bisa memenangkan pasangan Prabowo-Gibran. 

Baca juga: Kaesang Pangarep targetkan PSI raih kursi di DPRD

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023