Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat terjadi genangan di dua RT di wilayah DKI Jakarta akibat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada Rabu (27/12).

Menurut siaran resminya, Rabu,  dua RT yang terdampak adalah dari Kelurahan Cilandak Timur, Jakarta Selatan dengan ketinggian air 60 sampai dengan 80 sentimeter.

Selain curah hujan yang tinggi, penyebab lain terjadinya genangan ini dikabarkan karena luapan kali Krukut yang berada tak jauh dari permukiman warga.

Jumlah pengungsi saat ini tercatat sebanyak 20 KK atau 60 jiwa. Mereka mengungsi di Mushalla Al-Makmuriyah RT. 09 RW. 03.

Untuk menangani genangan tersebut, BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan genangan dan memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik bersama dengan para lurah dan camat setempat. Genangan pun ditargetkan untuk surut dalam waktu cepat.

Selain itu, BPBD DKI mengimbau kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan. Dalam keadaan darurat, segera hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non-stop.

Baca juga: Jakbar normalisasi 189 saluran air untuk antisipasi banjir
Baca juga: Atasi banjir, Pemkot Jaksel rampungkan rumah pompa dan waduk

Baca juga: Masyarakat DKI diimbau bersiap hadapi dinamika cuaca akhir tahun


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023