Makassar (ANTARA) – Sebagai upaya memperkuat ekosistem UMKM di Makassar, Sulawesi Selatan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menghadirkan Rumah BUMN, yang merupakan sinergi dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) dan PT Hotel Group Indonesia (HIG).

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan, pelaku UMKM di Indonesia sangat membutuhkan pendampingan dalam mengembangkan usahanya, oleh sebab itu keberadaan Rumah BUMN diharapkan dapat membantu memberikan dukungan berupa pelatihan dan pengembangan kapasitas bagi pelaku UMKM. 

“Selain itu mereka juga butuh dukungan pembiayaan berupa: kredit program, utilisasi dana TJSL, kredit komersial, serta pinjaman kelompok Mekaar, hal inilah yang mendorong kerjasama dan partisipasi aktif antar BUMN” ungkap Erick.

Ilustrasi produk UMKM di Rumah BUMN

Dalam pelaksanaannya BRI berkolaborasi dengan membantu mendorong pemanfaatan produk UMKM Binaan Rumah BUMN Makassar dimana produk UMKM yang dihasilkan bisa dipajang dan dijual di KHAS Makassar, yang merupakan salah satu unit dari jaringan hotel HIG, yang mengelola hotel milik BUMN.

Erick menambahkan, Rumah BUMN juga merupakan inisiatif BUMN dalam meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UMKM, sehingga dapat terbangun UMKM yang berkualitas. 

Anggota Rumah BUMN diberikan pelatihan untuk memperluas akses pasar secara online dan didorong untuk melek digital sehingga lebih bisa mengikuti perkembangan. Hingga Saat ini tercatat sudah terdapat 226 Rumah BUMN aktif yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia.

Sementara itu, Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi, mengungkapkan, kolaborasi antara BRI dan HIG melalui KHAS Makassar merupakan bagian dari perluasan pasar yang diharapkan dapat membantu mendorong nilai penjualan dari UMKM yang bernaung di Rumah BUMN Makassar. 

Kolaborasi ini melibatkan 13 UMKM dengan 38 jenis produk antara lain tote bag & bucket head ecoprint, sling bag, gantungan kunci & pouch rajut, aksesoris, sirup markisa, kopi toraja, kacang disco, keripik pisang, brownie cookie, jagung marning, sambal roa, hingga lombok kuning.

“Produk-produk UMKM binaan Rumah BUMN Makassar nantinya bisa dikenal oleh konsumen khusunya para pengunjung di KHAS Makassar.” ungkap Hendy.

Corporate Marketing & Communications Manager HIG, Atri Maryanti, menambahkan, dengan kerja sama ini, HIG mendukung bangkitnya pariwisata Indonesia dengan memperkenalkan produk lokal UMKM Makassar kepada wisatawan domestik maupun mancanegara yang menginap di KHAS Makassar. 

“UMKM corner berada di area lobby, jadi dapat mempermudah tamu untuk membeli buah tangan asli Makassar saat berkunjung ke hotel. Posisi KHAS Makassar juga sangat strategis di tengah kota Makassar dan dekat dengan Pantai Losari serta Pelabuhan Soekarno-Hatta” imbuhnya.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023