diharapkan awal Februari 2024 nanti sudah selesai dan bisa digunakan untuk tempat rekapitulasi tingkat kecamatan
Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta meminta pemerintah provinsi (pemprov) mempercepat pekerjaan renovasi GOR Kemayoran, Jakarta Pusat,  agar dapat digunakan sebagai tempat rekapitulasi suara dan gudang logistik Pemilu 2024.
 
"Kami masih berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bisa mempercepat renovasi Gelanggang Olahraga (GOR) Kemayoran sehingga diharapkan awal Februari 2024 sudah selesai dan bisa digunakan untuk tempat rekapitulasi tingkat kecamatan," kata anggota KPU DKI Nelvia Gustina saat dihubungi di Jakarta, Kamis.
 
Sebelumnya, Nelvia mengatakan KPU DKI Jakarta telah meminta pemerintah memfasilitasi penggunaan Wisma Atlet Kemayoran sebagai gudang logistik dan tempat rekapitulasi suara. Namun, permintaan itu ditolak pemerintah pusat karena lokasi tersebut akan segera direnovasi.
 
"(Kami) Sudah mendapatkan balasan surat bahwa akan direnovasi sehingga tidak bisa digunakan oleh PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) Kemayoran untuk tempat rekapitulasi tingkat kecamatan," ucap Kepala Divisi Perencanaan dan Logistik KPU DKI Jakarta itu.
 
Dengan demikian, untuk sementara waktu Kantor Kecamatan Kemayoran menjadi gudang logistik dan tempat rekapitulasi suara.
 
"JadI untuk tempat penerimaan awal (logistik) menggunakan lantai empat dan tiga Kantor Kecamatan Kemayoran sementara bisa kami gunakan," kata Nelvia.
 
Saat ini, KPU DKI Jakarta mengalami kekurangan tempat rekapitulasi dan gudang logistik untuk Pemilu 2024. Kekurangan itu disebabkan  11 GOR untuk gudang logistik sedang proses pekerjaan revitalisasi.

KPU tingkat kota sebelumnya sudah mendistribusikan logistik Pemilu dari gudang kota ke 44 kecamatan yang ada di DKI Jakarta.
 
Namun, tidak semua kecamatan memiliki tempat rekapitulasi dan gudang penampung logistik setelah pemungutan suara, yakni terjadi di Kecamatan Kemayoran dan Kecamatan Mampang, Jakarta Selatan.
 
KPU tingkat kota memiliki waktu hingga 25 Januari 2024 untuk mendistribusikan seluruh logistik dari gudang kota ke kecamatan.
Baca juga: KPU DKI sebut penilaian kesehatan KPPS kewenangan Dinkes
Baca juga: Bawaslu beri pelatihan bagi saksi peserta Pemilu 2024
Baca juga: KPU DKI targetkan "zero" pemungutan suara ulang pada Pemilu 2024

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023