Jangan sampai di dalamnya ada zat-zat yang berbahaya
Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta pada H-3 mulai memeriksa bahan makanan dan minuman yang akan dijual dalam bazar perayaan malam Tahun Baru 2024 di kawasan Sudirman-Thamrin.
 
"Pemeriksaan pelaku UMKM penjual makanan dan minuman akan dilakukan tiga hari sebelum acara 'Malam Muda Mudi Jakarta Global'. Kita akan cek keamanan pangan yang akan disajikan," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta Ani Ruspitawati saat dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.
 
Pemeriksaan dilakukan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jakarta. Aspek yang diperiksa fokus pada kandungan makanan dan minuman yang akan dijual, sehingga saat malam Tahun Baru 2024 semua makanan dan minuman sudah terjamin aman.
 
Selain itu, Dinkes DKI Jakarta juga memeriksa makanan dan minuman yang akan disajikan untuk tamu undangan pada acara "Malam Muda Mudi Jakarta Global".
 
"Semua makanan UMKM yang tampil di acara kami periksa, termasuk semua makanan dan minuman yang disajikan kepada tamu-tamu. Jangan sampai di dalamnya ada zat-zat yang berbahaya," ujar Ani.
 
Ani menyebut pihaknya melakukan pengecekan sebelum acara berlangsung, daripada inspeksi mendadak (sidak) di lokasi acara.

"Harus sejak sekarang untuk menghindari kepadatan sehingga yang hadir semua nyaman," ucap Ani.
 
Sebelumnya, Dinas PPKUKM DKI bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta juga melakukan pengawas penggunaan bahan berbahaya pada produk makanan kepada peserta bazar UMKM binaan dan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di zona hijau, yakni berdagang pada sirip Jalan Sudirman-Thamrin.
 
Pengawasan dilakukan untuk memeriksa keamanan produk kuliner yang disajikan dan mendeteksi penggunaan bahan atau zat berbahaya pada campuran olahan produk. Untuk produk kuliner UMKM binaan JakPreneur, pengawasan dilakukan lima hari sebelum pelaksanaan acara "Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global".
 
Adapun kriteria produk yang ada dalam bazar merupakan produk kuliner yang sudah lolos kurasi. Produk makanan dan minuman dalam kemasan dan olahan sudah menggunakan QRIS Jakpreneur dan merupakan produk unggulan dari setiap kecamatan.
 
Diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Malam Muda Mudi Jakarta Global saat malam Tahun Baru 2024 dengan rangkaian acara, mulai dari Jakarnaval, panggung musik, pemutaran video hingga "drone show" (pertunjukan drone).
 
Acara Malam Muda Mudi ini diisi enam segmen menarik, yakni Gemilang Silang Monas, Jakarnaval, Panggung Utama Bundaran HI, Kirana Jakarta, Panggung Jalan MH Thamrin dan Panggung Jalan Jenderal Sudirman.
Baca juga: Dinkes DKI sediakan ambulans dan posko kesehatan di malam tahun baru
Baca juga: DKI gencarkan pakai masker dan mengikuti vaksin untuk cegah COVID-19
Baca juga: Satpol PP DKI beri sanksi tegas bagi yang main petasan pada tahun baru

 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023