Bandung (ANTARA) -
Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengungkapkan bahwa penutupan jalan layang (flyover) saat malam pergantian tahun 2023 ke 2023, untuk sementara direncanakan hanya dilaksanakan di Bandung.

"Enggak di seluruh Jabar, di Bandung saja yang saya tahu," kata Bey di Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Bandung, Kamis.

Terkait dengan teknis penutupannya seperti di titik mana saja dan durasi penutupan apakah per jam atau sepanjang malam pergantian tahun, Bey mengatakan bahwa hal tersebut akan diumumkan oleh Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliyono.

"Ini mengkaji dari tahun lalu yang ditutup, nanti apakah per jam atau full nanti pak wali. Saya kemarin mengingatkan masyarakat supaya jangan kaget nanti tiba-tiba ditutup," ujarnya.

Di lokasi yang sama, Penjabat (Pj) Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan bahwa terkait rencana penutupan jalan layang tersebut, pihaknya akan melakukan evaluasi dari penerapannya pada tahun sebelumnya, di mana dilakukan di jalan layang Pasupati.

Kemudian, kata Bambang, pihaknya akan berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti Dinas Perhubungan Jawa Barat dan Polrestabes Bandung terkait langkah dan teknis yang akan diambil.

"Apakah memang harus ditutup seperti tahun lalu. Kalaupun ditutup, apakah permanen sepanjang malam tahun baru atau dibikin periodik, perjam ini akan kita akan komunikasikan. Dalam waktu tidak lama akan kita rilis informasi itu kira-kira begitu ya," ucapnya.

Baca juga: Pengamat transportasi: Periksa keamanan bus wisata sebelum berlibur

Terkait dengan penerapannya pada tahun baru 2024 ini apakah hanya akan dilakukan di Pasupati seperti 2023, atau juga di tempat lainnya, Bambang mengatakan pihaknya mempertimbangkan hal tersebut.

"Tentunya akan saya pertimbangkan juga di seluruh flyover di Bandung, tentunya keputusan yang saya ambil itu berdasarkan kepada pendekatan dan kajian ilmiah ya. Dalam waktu dekat ya, paling telat besok diumumkan," ucap Bambang.

Sebelumnya, Bey Machmudin mengungkapkan pihaknya telah merencanakan jalan layang di Jawa Barat khususnya di Bandung akan ditutup sepanjang malam pergantian tahun 2023 ke 2024.

Hal tersebut dilakukan, kata Bey, karena ketika larut dalam kegembiraan malam pergantian tahun, ada potensi masyarakat lupa diri dan membuang material dari atas jalan layang, dan membahayakan pengendara atau orang lain di bawah.

Bey mengatakan Pemprov segera menginstruksikan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung untuk melakukan sosialisasi penutupan flyover sepanjang malam pergantian tahun baru.

"Nanti kami koordinasi dengan Kota Bandung untuk merespon. Jangan sampai masyarakat (tidak tahu). Jangan sampai membahayakan dan menimbulkan kemacetan baru," ucapnya.

Baca juga: Dinkes DKI periksa makanan yang dijual di bazar malam Tahun Baru 2024

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023