buat saya yang penting seluruh kader partai, seluruh relawan bertemu dengan masyarakat
Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menyatakan menghormati hasil survei terbaru yang dirilis Center for Strategic and International Studies (CSIS) dan Indikator Politik Indonesia.

“Kemarin ada CSIS, ada Indikator, hampir keluar bersamaan dan hasilnya ternyata memang berbeda. Dan tentu saja biarkan kita hormati hasil survei itu,” kata Ganjar usai menghadiri acara sarasehan bersama eksponen, alumni, dan aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Jakarta, Kamis.

Baca juga: CSIS: Elektabilitas Prabowo-Gibran masih unggul dengan 43,7 persen

Baca juga: Survei: Elektabilitas Prabowo-Gibran ungguli dua pasangan calon lain


Meski demikian, mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode tersebut mengatakan bahwa hal terpenting dibandingkan survei adalah bertemu dengan masyarakat.

“Tetapi buat saya yang penting seluruh kader partai, seluruh relawan bertemu dengan masyarakat. Karena itulah yang Anda rasakan melalui relasi langsung dengan masyarakat. Itu situasi sejatinya, makin banyak bergerak, makin banyak bertemu, realitas itulah yang Anda temui,” katanya.

Hasil survei terbaru yang dirilis CSIS Indonesia menunjukkan bahwa pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul dari dua pasangan lainnya pascadebat capres dengan elektabilitas 43,7 persen.

"Saat survei dilakukan, tingkat elektabilitas pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar 26,1 persen, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka 43,7 persen dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md 19,4 persen," kata Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes saat memaparkan hasil survei yang disiarkan langsung di kanal YouTube CSIS, Rabu (27/12).

Dalam survei itu, lanjutnya, masih terdapat 6,4 persen pemilih yang mengaku rahasia dan belum menentukan pilihan, dan 4,5 persen yang mengaku tidak tahu/tidak jawab.

CSIS merilis survei pilpres terkini Pasca Debat Calon Presiden yang dilaksanakan pada 12 Desember 2023. Polling dilaksanakan secara nasional dengan tatap muka pada 13-18 Desember 2024.

Metode yang digunakan adalah "multistage random sampling" yang mempertimbangkan proporsi antara jumlah pemilih dan jumlah sampel pada setiap provinsi, berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah saat survei dilakukan. Proporsinya jenis kelamin perempuan-pria dan wilayah urban-rural, dengan "primary sampling" unit berada pada level desa/kelurahan.

Jumlah sampel sebesar 1.300 orang tersebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia. "Margin of error" atau toleransi kesalahan survei ini sebesar lebih kurang 2,7 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Sementara itu, Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei seperti diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (26/12), mengungkapkan pasangan Prabowo-Gibran unggul sebesar 46,7 persen.

Kemudian, kata dia, Prabowo Gibran diikuti pasangan Ganjar-Mahfud sebanyak 24,5 persen dan pasangan Anies-Muhaimin sejumlah 21 persen. Sementara 7,8 persen responden tidak menjawab.

Burhanuddin menambahkan dalam survei yang diikuti oleh 1.217 responden yang dipilih secara acak, untuk hasil survei Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin masih terdapat batas kesalahan kurang lebih sebesar 2,9 persen.

"Saya ingatkan lagi, ada 2,9 persen margin of error kami. Jadi, kami tidak tahu siapa yang unggul antara pasangan Ganjar atau Anies," katanya menjelaskan survei terbaru Indikator Politik Indonesia yang dilakukan pada 23-24 Desember 2024

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Sigit Pinardi
Copyright © ANTARA 2023