Is (ANTARA) - Presiden Pakistan Arif Alvi pada Rabu (27/12) mengatakan bahwa Pakistan dan China menikmati persahabatan unik sebagai mitra kerja sama strategis dalam segala kondisi.

"Hubungan bilateral antara Pakistan dan China sangat penting... Kedua negara adalah teman dekat dan terpercaya serta sahabat yang memiliki keterikatan yang kuat dan tahan lama," kata sang presiden dalam sebuah pertemuan di Islamabad.

Di bawah Koridor CPEC, sebuah proyek unggulan dari Inisiatif Sabuk dan Jalur Sutra yang diusulkan China, hubungan bilateral antara kedua negara mencapai tingkatan baru, katanya.

"Sebuah jaringan jalan telah dibangun di seluruh Pakistan di bawah CPEC, sementara proyek infrastruktur yang memiliki kepentingan strategis juga termasuk dalam megaproyek tersebut," kata Alvi.
 
Fotonya yang diambil pada 4 Desember 2023 menunjukkan pemandangan pelabuhan Gwadar di Gwadar, Pakistan barat daya. (Xinhua/Tang Binhui)   


Selain itu, China adalah mitra dagang terbesar Pakistan dan merupakan sumber investasi asing langsung yang penting di negara tersebut, imbuhnya

Alvi mengatakan pertukaran budaya dan pendidikan penting untuk memperkuat persahabatan antara kedua negara, seraya menambahkan bahwa Pakistan dan China mengambil langkah-langkah untuk memperdalam ikatan antarmasyarakat kedua negara.

Diluncurkan pada 2013, CPEC merupakan koridor yang menghubungkan pelabuhan Gwadar di Pakistan barat daya dengan Kashgar di Daerah Otonom Uighur Xinjiang di China barat laut, yang menyoroti kerja sama dalam bidang energi, transportasi, dan industri. Selesai


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023