Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Budiman Sudjatmiko mengatakan untuk menggaet suara generasi muda, pasangan calon presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mengusung program keterampilan untuk menghadapi dunia kerja.

"Dari keterwakilan kita punya, kita adalah satu-satunya pasukan yang mewakili generasi milenial, Mas Gibran. Lalu kita punya program-program pendidikan dan employability di lapangan kerja,” kata Budiman saat sesi wawancara khusus di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Kamis.

Selain itu, ia mengatakan program pendidikan harus disesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Ia menyebut, perlu adanya revolusi dalam bidang pendidikan untuk menghadapi industri di era digital.

Lebih lanjut, di era digital, ia mengatakan keahlian sumber daya manusia (SDM) perlu ditingkatkan agar bisa berinovasi yang menghasilkan hak paten yang bisa menjadi agunan.

"Jadi kita ingin agar orang Indonesia bisa menciptakan paten. Supaya mereka juga punya agunan untuk mereka," katanya.

Budiman mengatakan, hak paten yang dijadikan agunan itu bisa digunakan untuk suatu saat membutuhkan uang untuk pinjaman. Selain itu, ia mengatakan hak paten itu bisa menjadi kontribusi dalam pembangunan pengetahuan dan teknologi ke depannya.

"Bahkan sekarang sudah ada kecenderungan di dunia. Paten itu bisa menjadi agunan. Jadi, kita ingin agar orang Indonesia bisa mampu menciptakan paten,” katanya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: LSJ: Elektabilitas PDI Perjuangan menurun digeser Gerindra

Baca juga: Elektabilitas Prabowo-Gibran tinggi, LSJ prediksi Pilpres satu putaran

Baca juga: TKN: Prabowo-Gibran menang satu putaran bantu negara hemat anggaran


Pewarta: Fauzan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023