Secara umum kami sudah siap menghadapi masa natal-tahun baru tahun ini.
Jakarta (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia/KAI (Persero) melalui anak usahanya PT KAI Services menghadirkan sejumlah aktivitas untuk mendukung layanan di masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 yang berlangsung mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024, salah satunya dengan kehadiran "Gadis Kreta".

Layanan Gadis Kreta akan menyajikan kuliner legendaris khas Nusantara di beberapa nomor kereta mulai tanggal 21 Desember 2023 hingga 24 Desember 2023 dan tanggal 2 Januari 2024 hingga 5 Januari 2024.

"Secara umum kami sudah siap menghadapi masa natal-tahun baru tahun ini. Banyak hal kami lakukan mulai dari sisi keamanan, kami akan melakukan penebalan pasukan di beberapa stasiun di beberapa wilayah operasi di Pulau Jawa hingga di Kuliner Kereta kami memiliki program seperti Gadis Kreta yang menyajikan kuliner legendaris khas Nusantara," kata Vice President Corporate Secretary KAI Services Rachman Firhan lewat keterangan, di Jakarta, Kamis.

Aneka kuliner legendaris Nusantara yang akan dihadirkan dalam program Gadis Kreta, antara lain kuliner dari Cirebon yakni Nasi Jamblang Bu Nur; Tahu Bakso Bu Pudji/Tahu Petis Yudistira, Loenpia Mba Lien, dan Lontong Kapuan dari Semarang.

Selain itu, ada Soto Cak Har Surabaya; Gudeg Lumintu dari Jember; Cuanki Serayu, Batagor Riri dan Baso Tahu Tulen dari Bandung. Ada pula Tempe Mendoan, Sroto Sokaraja, Soto Lama dari Purwokerta; Sate Ambal dari Kutoarjo; Gudeg Sagen, Sego Berkat Mami, dan Boncu dari Yogyakarta.

Ada pula kuliner khas Madiun yaitu Pecel 99 Madiun; Dawet Mbok Dermi, Nasi Liwet Wongso Lemu, dan Lenjongan Pasar Gede khas Solo; Rawon Bintik dan Bakso Malang President dari Malang; serta Rawon Bik Atik dari Banyuwangi.

Dari sisi kebersihan kereta api, KAI Services juga menambah pekerja untuk facility care kebersihan dan keindahan stasiun (K2). Demikian pula di sisi keamanan stasiun, KAI Services melakukan penebalan personel secara ekstra di beberapa wilayah operasi.

Petugas satuan keamanan KAI Services akan melakukan beberapa tugas seperti melakukan tindakan preventif dan represif guna mencegah dan mengatasi gangguan dan ancaman keamanan serta mengatur alur lalu lintas kendaraan dan manusia guna terciptanya ketertiban.

Sementara untuk unit parkir, KAI Services menyiapkan skuter listrik di beberapa stasiun besar guna mempermudah melakukan pengecekan lokasi serta menghadirkan boneka maskot Resparking KAI Services di Stasiun Yogyakarta sebagai bentuk program sosialisasi e-Parking.

Adapun bagi para pecinta kuliner yang ingin bersantai sambil menanti kereta tiba di musim liburan, Loko Café juga menghadirkan promo di masa Natal dan Tahun Baru 2023/2024 sepanjang periode 1 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.
Baca juga: KAI catat pengguna LRT Jabodebek naik 33 persen pada libur Natal 2023
Baca juga: PT KAI terapkan penggunaan PLTS di 40 stasiun

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023