Pasukan ini diturunkan agar beroperasi dalam pengerjaan korektif pada jaringan kelistrikan serta menegaskan komitmen kami terhadap kelancaran pasokan listrik yang andal
Ambon (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menggerakkan tim Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) untuk meningkatkan keandalan jaringan listrik.

"Pasukan khusus PLN terlatih ini melakukan pemeliharaan, perbaikan, penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik," kata General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula dalam keterangan di Ambon, Kamis.

Pasukan ini, katanya, telah bergerak di berbagai wilayah kerja PLN UIW MMU, dihadapkan dengan tegangan listrik yang besar, namun demikian pemeliharaan harus tetap dilakukan guna menjaga keandalan suplai listrik untuk masyarakat.

"Pasukan ini diturunkan agar beroperasi dalam pengerjaan korektif pada jaringan kelistrikan serta menegaskan komitmen kami terhadap kelancaran pasokan listrik yang andal. Diharapkan pekerjaan mereka tidak mengalami kendala sehingga mutu pelayanan listrik ternilai berkualitas," katanya.

Upaya ini dilakukan, katanya, dengan mempertahankan pasokan listrik kepada pelanggan tanpa gangguan (padam) selama proses perbaikan.

Baca juga: Enam desa di Kabupaten Aru Maluku menikmati program listrik desa

Baca juga: PLN UIW MMU listriki 490 desa di Maluku Malut


Upaya peningkatan keandalan jaringan listrik ini menjadi fokus utama bagi PLN, dimana tim PDKB bergerak secara taktis dan terampil, menjalankan pekerjaan korektif pada jaringan tenaga listrik tanpa mengganggu keberlangsungan pasokan kepada pelanggan.

"Pengoptimalan Tim PDKB merupakan langkah strategis kami dalam memperbaiki jaringan listrik yang membutuhkan perhatian khusus, dengan tetap memastikan bahwa pelanggan tidak terdampak oleh pelaksanaan pekerjaan," ujarnya.

Awat menyatakan, momentum hari raya harus didukung dengan upaya menghadirkan listrik yang berkualitas serta berkelanjutan.

Pekerjaan korektif pada jaringan listrik yang dilakukan dalam keadaan bertegangan menunjukkan komitmen PLN, terutama memastikan keandalan pasokan listrik tanpa mengganggu aktivitas sehari-hari pelanggan.

Keandalan jaringan listrik merupakan aspek penting dalam menjamin kenyamanan dan produktivitas masyarakat serta kelancaran berbagai aktivitas di wilayah yang dilayani oleh PLN.

"PLN terus berupaya meningkatkan kualitas dan keandalan jaringan listrik melalui berbagai inisiatif, termasuk Tim PDKB yang terampil dan berpengalaman dalam melakukan perbaikan jaringan listrik dengan efisien," ujarnya.

Baca juga: PT PLN-Pemprov Maluku konvoi kendaraan listrik ramah lingkungan

Baca juga: PLN Maluku tanam mangrove di kawasan hutan bakau Ambon

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023