Beijing (ANTARA) - Sistem "Haijing" adalah seperangkat peralatan seismik marine towed-steamer dengan presisi tinggi yang pertama kali dikembangkan oleh China.

Kapal eksplorasi laut dalam yang berukuran besar dengan nomor "HYSY720" milik COSL itu berangkat ke wilayah maritim Indonesia pada 24 Desember 2023 dengan membawa sistem "Haijing" untuk melakukan eksplorasi.

Itu juga merupakan pertama kalinya sistem "Haijing" menyediakan layanan eksplorasi internasional, yang merupakan langkah pertama bagi peralatan eksplorasi seismik laut yang dikembangkan sendiri oleh China untuk menembus pasar internasional.

Sistem "Haijing" diintegrasikan oleh berbagai peralatan, seperti kontrol sumber, akuisisi towline, dan navigasi komprehensif, yang menerobos batas kedalaman operasi 22 meter dari sistem yang diimpor.

Sistem ini merealisasikan cakupan penuh dari saluran kecil berjarak 3,125 meter hingga saluran reguler selebar 12,5 meter, serta memiliki kemampuan untuk mengakuisisi sinyal pada frekuensi ultrarendah 2 Hz, yang sangat meningkatkan resolusi data seismik.

Sejak dioperasikan pada September 2022, sistem "Haijing" di kapal "HYSY720" berhasil menyelesaikan survei seismik 3D di lima zona kerja, dengan total luas 6.552 kilometer persegi, di wilayah laut China.

Sebelum berangkat ke Indonesia untuk melakukan layanan teknis eksplorasi seismik, sistem "Haijing" baru saja menyelesaikan operasi eksplorasi ultradalam 3.000 meter di Cekungan Mulut Sungai Mutiara di Provinsi Guangdong.

Dalam beberapa tahun terakhir, di bawah kepemimpinan "Jalur Sutra Maritim Abad ke-21" dan kerangka kerja sama China-ASEAN, kerja sama energi antara China dan ASEAN telah berkembang pesat.

Sebagai bagian penting dari energi tradisional, minyak dan gas memainkan peranan penting dalam kerja sama energi antara kedua belah pihak.

Dikerahkan di wilayah operasi proyek Indonesia seluas sekitar 1.600 kilometer persegi, "HYSY720" yang dilengkapi dengan sistem "Haijing" akan digunakan dalam mode konstruksi sumber ganda 10-kabel 8.100 meter di area kerja permukaan laut untuk menyebarkan "jaringan akuisisi data" yang sangat besar yang akan digunakan untuk mengeksplorasi secara akurat lokasi reservoir minyak dan gas.

Sehingga, secara signifikan meningkatkan kualitas pencitraan struktur geologi bawah laut, dan membuat pencitraan substrat menjadi lebih jelas dan berkelanjutan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023