Pemikiran para capres terkait dengan evaluasi dari visi poros maritim dunia menjadi krusial.
Jakarta (ANTARA) - Pengamat militer Anton Aliabbas memandang perlu calon presiden dalam debat ketiga capres, 7 Januari 2024, menjelaskan secara gamblang tentang keberlanjutan program kerja Indonesia sebagai poros maritim dunia yang telah dicanangkan oleh Presiden RI Joko Widodo.

"Semua visi dan misi capres tidak ada yang secara eksplisit ingin melanjutkan visi poros maritim dunia," kata Anton di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, memajukan poros maritim ini penting demi menunjukkan kekuatan Indonesia di mata dunia. Dengan demikian, Indonesia akan dengan mudah mendapat pengakuan dari negara asing, bahkan Indonesia akan dengan mudah melakukan manuver diplomatik luar negeri.

Kepala Center for Intermestic and Diplomatic Engagement (CIDE) itu berpandangan bahwa dengan menguatnya Indonesia di mata dunia juga akan memudahkan pemerintah melakukan beragam program pembangunan.

"Pemikiran para capres terkait dengan evaluasi dari visi poros maritim dunia menjadi krusial mengingat salah atau elemen penting dalam pembangunan," ujar dia.

Selain itu, Anton mengimbau kepada para capres untuk menghindari penggunaan pertanyaan yang menggunakan singkatan mengingat sektor pertahanan dan keamanan memiliki banyak singkatan teknis.

Hal ini, menurut dia, penting untuk mencegah multitafsir dan membuka ruang elaborasi pemikiran strategis pasangan calon presiden dan wakil presiden jika kelak terpilih dalam Pilpres 2024.

Tema debat ketiga capres Pemilu 2024 ialah tentang pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik.

Baca juga: PSI diprediksi tak lolos Senayan, Kaesang: Harus bekerja lebih keras
Baca juga: Perludem minta KPU dan Bawaslu antisipasi mobilisasi ASN di daerah 


Sebelumnya, 12 Desember 2023, debat pertama capres Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta. Debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta pada tanggal 22 Desember 2023.

Rangkaian debat capres/cawapres Pemilu 2024 dijadwalkan masih berlangsung tiga kali lagi, yakni pada tanggal 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Pada hari Senin, 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Aprillio Abdullah Akbar
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023