Jakarta (ANTARA) - ​​Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menerima keluhan dari para pedagang di Pasar Kota Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, mengenai naiknya harga kebutuhan pokok menjelang akhir tahun.

"Pasokan lancar, tapi harga naik pak. Cabai rawit sebelumnya Rp70.000 (per kilogram) sekarang Rp78.000 (per kilogram). Bawang putih naik Rp40.000 (per kilogram) udah seminggu (harga naik), sebelumnya Rp32.000," ujar salah satu pedagang kepada Ganjar.

Menurut Ganjar, kenaikan harga beras di pasaran berkaitan dengan produksi padi. Setelah bertanya kepada pedagang, dia mendapati harga beras sudah naik sejak beberapa bulan terakhir.

"Ternyata kurang lebih sudah beberapa bulan saya tanya mungkin sekitar empat atau enam bulan ya, tadi pedagang tidak tahu pasti, sudah berbulan-bulan harga beras ini ternyata naik dan tidak turun-turun," kata Ganjar.

Baca juga: Ganjar tanggapi deklarasi Pejuang PPP dukung Prabowo-Gibran

Oleh karena itu, diperlukan program khusus untuk menangani persoalan ini.

Ganjar menyoroti keluhan para petani yang kekurangan pupuk subsidi sehingga dapat memengaruhi tingkat produksi bahan-bahan pokok.

"Kita perbaiki saja, kalau subsidi bisa ditambah, cara penyampaiannya bisa lebih tepat, tertutup, distribusinya benar maka insyaallah tidak akan hilang," katanya.

Baca juga: Ganjar di Boyolali, Mahfud ke Banyuwangi di hari ke-32 kampanye

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada 13 November 2023 menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pilpres 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, sedangkan jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar sebut tiga hal penting dari masyarakat selama 30 hari kampanye
Baca juga: Ganjar tak janjikan jabatan kepada relawan

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023