Jakarta (ANTARA) - Kasatgas Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Irjen Asep Edi Suheri mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam membantu Polri dalam memerangi narkoba di tanah air.

"Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk selalu waspada terhadap peredaran narkoba di sekitar kita, kami menyadari bahwa tanpa bantuan dan kerja sama dari masyarakat dan seluruh instansi yang terkait, usaha memerangi peredaran narkoba di Indonesia akan sulit dilakukan," ujar Asep saat konferensi pers di Lobby Bareskrim, Jakarta Selatan pada Jumat.

Asep juga mengapresiasi semua pihak yang telah membantu Polri menangkap para tersangka dalam kasus peredaran narkoba selama ini.

"Kami juga ingin menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam beberapa pengungkapan kasus narkoba, baik di tingkat Mabes maupun Polda," ujarnya.

Asep mengatakan bahwa pengungkapan kasus narkoba di Indonesia menjadi salah satu atensi nasional yang memerlukan perhatian khusus dari semua pihak.

"Peredaran narkoba di Indonesia merupakan salah satu atensi nasional yang memerlukan perhatian khusus dari kita semua, sejalan yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI dan Bapak Kapolri bahwa kita terus serius dalam menangani peredaran narkoba di Indonesia," ucapnya.

Menurut Asep, modus yang dipakai dalam peredaran narkoba kian beragam dan makin sulit dideteksi karena tidak lagi diedarkan secara konvensional, peredaran narkoba kini sudah semakin canggih.

"Selain jumlahnya cukup masif, modus operandi yang dilakukan tersangka beragam, dan hasil penyidikan dan pemeriksaan yang kami lakukan, peredaran narkoba Indonesia tidak hanya gunakan cara konvensional, namun juga semakin berkembang dan semakin sulit untuk dideteksi keberadaannya.

Oleh karena itu, Asep berharap masyarakat untuk waspada dan melaporkan berbagai tindak yang dinilai mencurigakan terkait peredaran narkotika.

Satgas Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Polri dibentuk pada 21 September 2023 sesuai dengan atensi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang kemudian ditindaklanjuti oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Adapun capaiannya selama ini adalah berhasil menangkap 11.828 tersangka sejak pertama kali dibentuk. Dengan ditangkapnya para tersangka itu, Satgas ini berhasil menyelamatkan 13 juta jiwa dari narkoba.

Baca juga: Satgas Penanggulangan Narkoba Polri tangkap 11.828 tersangka
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2023