Semua orang saat ini bisa menjadi fotografer karena hampir sebagian besar orang memiliki ponsel
Denpasar (ANTARA) - Perum LKBN ANTARA Biro Bali berkolaborasi dengan pusat perbelanjaan Living World Denpasar mengadakan lokakarya fotografi jurnalistik menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-86 kantor berita Indonesia itu.

“Semua orang saat ini bisa menjadi fotografer karena hampir sebagian besar orang memiliki ponsel. Untuk itu kami ingin berbagi ilmu tentang fotografi,” kata Kepala Perum LKBN ANTARA Biro Bali Widodo di sela lokakarya fotografi jurnalistik di Living World Denpasar, Jumat.

Dalam lokakarya satu hari tersebut, peserta mahasiswa dari beberapa perguruan tinggi di Denpasar dan peserta umum itu diberikan pengetahuan terkait dasar-dasar fotografi.

Selain itu, tips memotret mulai dari menguasai terlebih dahulu kamera termasuk kamera telepon seluler, pencahayaan, komposisi, latar, garis dan pola serta warna.

“Kalau menggunakan telepon pintar, lebih baik tidak melakukan zoom karena membuat gambar menjadi pecah,” ucapnya.

Kemudian, materi lokakarya kemudian diperdalam lebih lanjut oleh dua pemateri yang merupakan pewarta foto ANTARA Biro Bali yakni Naufal Fikri Yusuf terkait foto jurnalistik dan Nyoman Hendra Wibowo yang menyampaikan photo story atau rangkaian foto yang bercerita.

Baca juga: ANTARA Bali pamerkan 86 foto jurnalistik Rwa Bhineda

Sementara itu, adanya pelatihan fotografi jurnalistik itu diharapkan memberikan dampak langsung kepada peserta terkait teknik jurnalistik dan bijak menggunakan telepon pintar.

"Jadi selain teori dasar fotografi, pelatihan ini juga memberikan praktik langsung dari para fotografer profesional kepada mahasiswa kami," kata dosen salah satu perguruan tinggi di Denpasar Dewa Krisna yang mendampingi beberapa peserta lokakarya fotografi.

Setelah diberikan pemahaman teori singkat, para peserta kemudian diberikan praktik langsung dengan mengambil objek sosial ekonomi, budaya, lanskap hingga foto menarik atau human interest di sekitar area Living World Denpasar.

Karya foto tersebut kemudian dikumpulkan untuk diseleksi oleh tim juri yakni dua pemateri tersebut dan satu juri yang merupakan fotografer Living World Denpasar Carlos Singal.

Ada pun penilaian tersebut di antaranya terkait komposisi, aktivitas (interaksi) unsur pencahayaan foto hingga foto yang mengandung pesan.

Tim kemudian memilih juara terbaik satu, dua dan tiga serta tiga juara harapan yang mendapatkan hadiah hiburan menarik persembahan Living World Denpasar dan LKBN ANTARA Biro Bali.

Baca juga: ANTARA Bali gelar pameran foto Rwa Bhineda di Living World Denpasar

Baca juga: LKBN ANTARA berikan pelatihan fotografi jurnalistik di PLN UID Bali


Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023